Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Rematik

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Rematik

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Rematik

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita RematikRheumatoid Arthritis atau yang lebih dikenal dengan sebutan rematik merupakan jenis penyakit autoimun yang menyebabkan sendi sendi kaku serta meradang. Peradangan ini dapat diakibatkan oleh sistem kekebalan tubuh yang terganggu.

Persendian yang paling sering terkena rematik ialah bagian pergelanagan tangan, kaki serta lutut. Namun, penyakit ini juga dapat menjalar pada bagian tubuh yang lain seperti pada bagian pinggul serta lutut yang bisa mengakibatkan penderitanya mengalami kesulitan berjalan, berlutut, membungkuk bahkan tidak dapat berdiri.

Penyakit ini lebih banyak menyerang wanita dibandingkan pria, dengan usia 20-40 tahun. Penyebab penyakit ini juga sangat beragam, mulai dari asam urat, faktor usia, osteoporosis, mengonsumsi alkohol serta bisa juga diakibatkan oleh dehidrasi.

Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Rematik

Untuk para penderita rematik, menjaga pola makan sehat sangat penting untuk dilakukan demi kebaikan. Penderita penyakit rematik ataupun jenis arthritis lainnya sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan anti-inflamasi, selain itu para penderita penyakit ini juga disarankan untuk membatasi mengonsumsi makanan yang bisa memicu nyeri pada sendi. Berikut beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita rematik, diantaranya :

– Alkohol

Mengonsumsi alkohol bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, salah satunya bisa memengaruhi persendian. Seseorang yang mengonsumsi alkohol, mempunyai risiko lebih tinggi untuk mengembangkan asam urat. Untuk kesehatan yang lebih baik, kamu juga harus membatasi atau bahan menghindari rokok. Karena jika kamu merokok, akan lebih berisiko untuk terkena serangan rheumatoid arthritis.

– Daging Merah

Daging merah menjadi salah satu makanan yang harus dihindari oleh penderita rematik. Hal ini dikarenakan daging merah mengandung asam lemak omega 6 atau asam arakidonat yang relatif tinggi. Jika daging merah dikonsumsi secara berlebihan, maka akan terjadi perubahan pada zat pro-inflamasi. Yang dapat mengakibatkan, rasa sakit serta pembengkakan pada sendi menjadi semakin parah.

– Minyak Jagung

Banyak jenis makanan yang dipanggang serta makanan ringan yang mengandung jagung atau minyak lain mempunyai asam lemak omega 6 tinggi yang bisa memicu peradangan. Menurut Mayo Clinic, beberapa penelitian menemukan jika minyak ikan yang mengandung omega 3, bisa membantu meredakan nyeri sendi.

– Produk Olahan

Produk susu bisa menyebabkan nyeri radang sendi yang disebabkan oleh jenis protein yang terkandung. Untuk sebagian orang, protein bisa mengiritasi jaringan pada sekitar persendian. Seseorang yang hidup dengan arthritis berhasil beralih ke pola makan vegan, yang tidak mengandung produk hewani sama sekali.

Tetapi, review penelitian pada tahun 2017 mengklaim jika susu justru mempunyai efek anti-inflamasi, kecuali pada seseorang yang alergi pada susu sapi.

– Garam dan Pengawet

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung garam berlebih serta bahan pengawet lainnya bisa menyebabkan peradangan pada persendian. Untuk itu kurangi asupan garam sesederhana mungkin.

Untuk penderita rematik serta kondisi arthritis lainnya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan guna mengurangi nyeri arthritis seperti membaca label untuk menghindari pengawet dan aditif, kurangi mengonsumsi garam serta hindari mengonsumsi makanan siap saji.

– Makanan Yang Digoreng

Melansir dari Health Line, peneliti di Mount Sinai School of Medicine meneliti pencegahan penyakit melalui pola makan. Dalam studi yang dilakukannya pada tahun 2009, peneliti menemukan jika mengurangi jumlah gorengan serta makanan olahan yang dikonsumsi bisa mengurangi peradangan serta benar-benar membantu untuk memulihkan pertahanan alami pada tubuh.

– Gula dan Karbohidrat Olahan

Jumlah gula yang tinggi yang terdapat pada makanan juga bisa menyebabkan peningkatkan AGEs, yang bisa menyebabkan peradangan. Untuk penderita rematik serta kondisi arthritis lainnya, yang bisa dilakukan untuk mengurangi nyeri arthritis ialah dengan cara mengurangi konsumsi permen, makanan olahan, mengonsumsi soda serta mengonsumsi makanan yang dipanggang dengan tepung putih.

– Kurangi Mengonsumsi Makanan Yang dimasak Dengan Suhu Tinggi

Produk akhir glikasi lanjut atau advanced glycation end product (AGEs) merupakan racun yang timbul ketika makanan dipanaskan, dipanggang, digoreng atau bahkan di pasteurisasi. AGEs ini bisa merusak protein tertentu pada tubuh.

Tubuh akan mencoba memecah AGEs dengan menggunakan sitokin, yang merupakan pembawa pesan inflamasi. Tergantung dimana AGEs terjadi, racun ini bisa menyebabkan radang sendi atau bentuk peradangan lainnya. Penelitian menunjukkan jika mengurangi jumlah makanan yang dimasak pada suhu tinggi dalam diet berpotensi membantu mengurangi kadar AGEs darah.


Selain menghindari makanan yang di atas, anda dapat mengonsumsi Samulinpro Sehat Sendi untuk membantu mengobati penyakit Rematik.

 

Dapatkan Promo “KIRIM BARANG DAHULU” + “GRATIS ONGKIR

~ syarat & ketentuan berlaku ~

Samulinpro ialah produk herbal yang berkhasiat mengatasi berbagai keluhan persendian, produk ini terbuat dari 100% bahan herbal alami yang diproses menggunakan TEKNOLOGI NANO sehingga khasiat yang terkandung lebih cepat diserap oleh tubuh dan proses pengobatannya menjadi lebih cepat.

Produk samulinpro sehat sendi ini telah terdaftra secara resmi di BPOM dengan no registrasi TR-173306941 serta telah tersertifikasi HALAL dari MUI. sehingga aman untuk dikonsumsi.

Salah satu kelebihan produk Samulinpro ada pada tahap produksi, dimana herbal ini diolah langsung oleh ahlinya sehingga khasiat bahan herbal yang digunakan tetap terjaga. Tidak hanya itu, produk ini menggunakan NANO TEKNOLOGI yang masih jarang digunakan dalam produksi obat herbal.

Khusus pemesanan hari ini bisa KIRIM BARANG DAHULU setelah barang sampai lalu bayar, dan dapatkan GRATIS ONGKOS KIRIM setiap pembelian minimal 2 botol. Untuk informasi lebih lanjut, testimoni, dan cara pemesanan silahklan klik ->Bahaya Dan Cara Mengatasi Penyakit Rematik

Baca Juga :

Penyebab Penyakit Rematik Yang Harus Diwaspadai

Gejala Penyakit Rematik Yang Perlu Diwaspadai

Posted by : Nugraha Nature

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Rematik

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*