Makanan Yang Bisa Membantu Meredakan Rematik

Makanan Yang Bisa Membantu Meredakan Rematik

Makanan Yang Bisa Membantu Meredakan Rematik

Makanan Yang Bisa Membantu Meredakan Rematik Rematik merupakan penyakit radang sendi yang bisa menyerang pada hampir semua persendian yang ada pada tubuh. Tetapi persendian yang paling sering terkena rematik ialah pergelangan kaki, tangan, buku buku jari, serta lutut. Persendian lainnya yang memungkinkan untuk terkena rematik ialah sendi tulang belakang, pinggul, leher, bahu, rahang serta sambungan antar tulang sangat kecil pada telingan bagian dalam.

Rematik bisa terjadi pada saat sistem kekebalan tubuh menyerang sinovium atau selapur membran yang mengelilingi atau melapisi sendi. Peradangan mengentalkan sinovium yang pada akhirnya bisa merusak tulang rawan serta tulang yang ada pada sendi.

Makanan Yang Bisa Meredakan Rematik

Tidak sedikit orang menganggap jika penyakit rematik hanya akan menyerang pada yang sudah lanjut usia. Faktanya tida bergitu loh. Melansir dari CDC, rematik bisa terjadi pada semua usia. Namun, memang kemungkinan penyakit ini dapat semakin meningkat seiring dengan pertambahan usia.

Pada umumnya penyakit ini bisa ditangani dengan mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas hingga obat anti-inflamasi non steroid (NSAID) guna menghilangkan sensasi rasa nyeri pada sendi. Tidak hanya itu, ada juga beberapa jenis makanan yang dapat membantu meringankan gejala rematik. Berikut ini jenis jenis makanan yang dapat meringankan rematik, diantaranya :

– Apel

Tidak hanya dikonsumsi ketika sedang menjalani program diet, buah yang satu ini juga menjadi salah satu makanan yang dapat meredakan gejala rematik. Melansir dari Boldsky, buah apel terbukti mengandung boron, mineral yang dipercaya bisa mengurangi risiko osteoarthritis.

– Jahe

Tidak hanya menambah cita rasa pada teh, sup serta permen, jahe juga bisa membantu meringankan gejala rematik. Hal ini bisa terjadi karena jahe mempunyai efek anti-inflamasi yang baik untuk meringankan nyeri yang disebabkan oleh radang sendi.

Sebuah studi yang dilakukan pada 2011 mempunyai efek ekstrak jahe pada 261 pasien yang menderita osteoartritis lutut. Setelah enam minggu, 63% peserta mengalami perbaikan pada nyeri lutut. Studi lainnya menemukan jika jahe serta komponen lainnya bisa memblokir produksi zat yang dapat meningkatkan peradangan pada tubuh. Mengonsumsi jahe dalam bentuk segar, bubuk atau kering bisa mengurangi peradangan serta membantu mengurangi gejala radang sendi.

– Cabai

Cabai bisa menjadi makanan yang dapat meredakan rematik karena cabai mengandung capsaicin yang bisa membantu menghasilkan panas pada tubuh. Panas yang dihasilkan tersebut dipercaya bisa membantu menghambat rasa nyeri serta mendorong sel-sel saraf tertentu.

– Kunyit

Selain jahe, rempah-rempah kunyit juga menjadi salah satu makanan yang baik dikonsumsi guna meredakan rematik. Hal ini dikarenakan, satu komponen penting yang terdapat pada kunyit, yaitu kandungan curcumin. Kandungan ini sudah terbukti bisa membantu mengurangi peradangan pada tubuh, sehingga nyeri sendi yang diakibatkan oleh rematik dapat diobati.

– Kerang

Kerang menjadi salah satu makanan yang paling bergizi yang bisa dikonsumsi. Salah satu jenis kerang seperti kerang tiram termasuk makanan yang tinggi akan kandungan lemak omega 3. Kandungan ini bisa dimanfaatkan juga untuk membantu mengurangi protein C-reaktif (CRP) serta onterleukin-6.

– Anggur

Anggur menjadi salah satu buah-buahan yang bisa meringankan rasa sakit pada penderita arthritis atau rematik. Hal ini dikarenakan buah enggur mengandung protein-protein yang bisa membantu mengurangi terjadinya peradangan pada persendian.

– Brokoli

Faktanya brokoli bisa menjadi obat untuk penyakit rematik. Sebuah studi yang mengamati pola makan 1.005 wanita menemukan jika asupan sayuran cruciferous seperti brokoli dikaitkan dengan penurunan tingkat gejala peradangan. Brokoli juga mengandung komponen penting yang bisa membantu mengurangi gejala radang sendi. Seperti sulforaphane merupakan senyawa yang ditemukan pada brokoli. Studi menunjukkan jika senyawa tersebut bisa menghalangi pembentukan jenis sel yang terlibat dalam perkembangan rheumatoid arthritis.

– Teh Hijau

Tidak hanya membuat pikiran menjadi lebih santi, teh hijau juga dipercaya mampu melawan penyakit rematik. Hal ini dikarenakan, kandungan antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang terkandungn dalam teh hijau bisa menghambat produksi molekul yang bisa mengakibatkan kerusakan pada sendi.

– Buah Beri

Buah beri dipercaya banyak mengandung antioksidan, vitamin serta mineral yang sebagiannya mempunyai khasiat guna mengurangi peradangan. Dalam sebuah studi penelitian terhadap 38.176 wanita, mereka yang mengonsumsi setidaknya 2 porsi stroberi perminggu, 14% lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami peningkatan gejala peradangan pada darah. Tidak hanya itu, buah beri juga kaya akan quercetin dan purin. Dalam sebuah penelitian, quercetin dinyatakan bisa memblokir beberapa proses inflamasi yang terkait dengan arthritis atau rematik.

– Ikan Salmon

Tidak hanya mengandung protein yang berkualitas tinggi, ternyata ikan salmon juga kaya akan asam lemak omega 3. Melansir dari lama resmi Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI, kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat pada ikan salmon bisa membantu mengurangi protein C-reaktif (CRP) serta interleukin-6, dimana dua jenis protein ini yang bisa menyebabkan peradangan pada tubuh.
Hal ini lah yang membuat ikan salmon bisa melawan remarik atau radang sendi. Tidak hanya ikan salmon, ikan sarden, ikan hering, jenis ikan makarel serta minyak ikan kod juga kaya akan kandungan omega-3 yang baik dikonsumsi guna meredakan gejala rematik.

– Bawang Putih

Melansir dari Health Line, bawang putih terbukti mempunyai efek antiinflamasi yang bisa membantu mengurangi gejala radang sendi. Faktanya beberapa penelitian sudah menunjukkan jika bawang putih mampu meningkatkan fungsi sel tertentu guna membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Sebuah studi menunjukkan jika komponen tertentu pada bawang putih bisa mempunyai penurunann risiko beberapa penanda inflamasi yang terkait dengan radang sendi. Jadi, menambahkan bawang putih kedalam makanan tak ada runginya karena bisa meredakan radang sendi serta kesehatan secara keseluruhan.

– Kacang-Kacangan

Selain rasanya yang gurih dan juga enak, ternyata kacang-kacangan juga mempunyai manfaat untuk kesehatan salah satunya mampu meredakan rematik. Kandungan zat alami niacinamide atau vitamin B3 yang terkandung pada kacang-kacangan terbukti untuk kesehatan sendi. Beberapa jenis kacang-kacangan, seperi kacang kenari juga mengandung asam lemak omega-3 yang bisa membantu mengurangi protein yang menyebabkan peradangan pada tubuh.

– Susu atau Produk Olahan Susu

Kekurangan vitamin D serta kalsium bisa berujung pada beberapa masalah tulang, salah satunya rematik atau radang sendi. Oleh karena itu, mengonsumsi susu atau produk olahan susu lainnya bisa membantu tubuh mendapatkan cukup asupan vitamin D serta kalsium.


Selain mengonsumsi makanan yang di atas, anda dapat mengonsumsi Samulinpro Sehat Sendi untuk membantu mengobati penyakit Rematik.

 

Dapatkan Promo “KIRIM BARANG DAHULU” + “GRATIS ONGKIR

~ syarat & ketentuan berlaku ~

Samulinpro ialah produk herbal yang berkhasiat mengatasi berbagai keluhan persendian, produk ini terbuat dari 100% bahan herbal alami yang diproses menggunakan TEKNOLOGI NANO sehingga khasiat yang terkandung lebih cepat diserap oleh tubuh dan proses pengobatannya menjadi lebih cepat.

Produk samulinpro sehat sendi ini telah terdaftra secara resmi di BPOM dengan no registrasi TR-173306941 serta telah tersertifikasi HALAL dari MUI. sehingga aman untuk dikonsumsi.

Salah satu kelebihan produk Samulinpro ada pada tahap produksi, dimana herbal ini diolah langsung oleh ahlinya sehingga khasiat bahan herbal yang digunakan tetap terjaga. Tidak hanya itu, produk ini menggunakan NANO TEKNOLOGI yang masih jarang digunakan dalam produksi obat herbal.

Khusus pemesanan hari ini bisa KIRIM BARANG DAHULU setelah barang sampai lalu bayar, dan dapatkan GRATIS ONGKOS KIRIM setiap pembelian minimal 2 botol. Untuk informasi lebih lanjut, testimoni, dan cara pemesanan silahklan klik ->Bahaya Dan Cara Mengatasi Penyakit Rematik

Baca Juga :

Penyebab Penyakit Rematik Yang Harus Diwaspadai

Gejala Penyakit Rematik Yang Perlu Diwaspadai

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Rematik

Posted by : Nugraha Nature

Makanan Yang Bisa Membantu Meredakan Rematik

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*