Makanan Yang Baik Dikonsumsi Oleh Penderita Batu Empedu

Makanan Yang Baik Dikonsumsi Oleh Penderita Batu Empedu

Makanan Yang Baik Dikonsumsi Oleh Penderita Batu Empedu

Makanan Yang Baik Dikonsumsi Oleh Penderita Batu EmpeduKantong empedu berfungsi untuk mengalirkan cairan empedu yang diproduksi oleh hati ke usus kecil guna membantu mencerna makanan, apalagi makanan berlemak. Biasanya,gejala penyakit batu empedu akan timbul pada saat kolesterol sudah menumpuk serta menyumbat saluran empedu. Gejala penyakit ini beragam, namun umumnya penyakit ini akan menimbulkan sensasi rasa nyeri pada perut bagian atas atau punggung belakang, mual, muntah serta masalah pencernaan lainnya.

Kondisi seperti ini pastinya sangat mengganggu bahkan dapat menghambat aktivitas harian penderitanya. Kalau kamu menderita batu empedu, tidak hanya minum obat, menjaga dan memilih makanan itu penting. Karena tidak semua makanan yang dikonsumsi mendukung kesehatan kantong empedu, beberapa jenis makanan malah dapat memperparah kondisi. Tidak hanya itu, makanan yang dikonsumsi juga tidak boleh menyebabkan berat badan terus naik.

Makanan Yang dianjurkan Untuk Penderita Batu Empedu

Mengonsumsi makanan yang sehat serta seimbang merupakan cara terbaik guna meningkatkan serta melindungi kesehatan kantong empedu. Buah dan sayur yang penuh nutrisi serta serat sangat penting untuk kesehatan kantong empedu. Beberapa makanan yang mengandung vitamin C, vitamin B serta kalsium juga baik untuk kantong empedu. Berikut ini beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh pada penderita batu empedu, diantaranya :

– Ikan

Ikan merupakan salah satu makanan sehat yang disarankan untuk para penderita batu empedu. Mengonsumsi ikan bermanfaat dikarenakan ikan mempunyai kandungan omega-3 yang bisa membantu mengurangi risiko terhadap pembentukan batu empedu. Kamu bisa memilih jenis ikan yang rendah kandungan lemaknya seperti ikan Cod atau ikan Pollock. Selain itu kamu juga bisa mengonsumsi ikan dengan kadar lemak yang tinggi seperti ikan salmon dan tuna. Tetapi, jika batu empedu sudah menimbulkan nyeri, kamu harus mengurangi atau menghindari untuk mengonsumsi ikan. Jauhi juga mengonsumsi ikan kalengan terutama yang diberi minyak.

– Susu

Meningkatkan kadar kalsium pada makanan juga bisa mendukung kantong empedu yang sehat, Susu merupakan salah satu sumber kalsium terbaik serta termurah. Satu cangkir (237 ml) susu sapi mengandung 276-352 mg (tergantung apakah susu tersebut murni atau tanpa lemak). Kalsium pada susu juga dapat diserap dengan baik oleh tubuh.

– Kopi

Ternyata mengonsumsi kopi juga bisa membantu untuk menjaga kantong empedu supaya tetap berfungsi dengan benar. Satu atau dua cangkir kopi pada dalam sehari bisa membantu menurunkan risiko terbentuknya batu empedu. Hal ini dikarenakan kemampuan kafein guna merangsang aliran empedu. Kopi mungkin mempunyai efek yang berbeda tergantung pada tahap perkembangan penyakit kantong empedu. Peningkatan kontraksi kantong empedu bisa mencegah kristal menjadi batu empedu besar pada penyakit awal.

– Bayam

Kekurangan zat besi bisa menyebabkan pembentukan batu empedu. Bayam dikenal sebagai sayuran yang tinggi akan zat besi. Bayam juga kaya akan vitamin C yang secara signifikan meningkatkan penyerapan zat besi. Tidak hanya itu bayam juga kaya akan antioksidan yang dikenal dengan sebutan karotenoid yang bisa mengurangi risiko penyakit kanker, mengurangi peradangan serta mencegah penyakit pencernaan.

– Lemon

Lemon dikenal kaya akan vitamin C. Satu buah lemon mentah (termasuk kulitnya) menyediakan 83 mg vitamin C. Orang yang mempunyai kadar vitamin C yang lebih tinggi pada darah mereka akan mengalami lebih sedikit masalah pada kantong empedu. Vitamin C pada air lemon juga berfungsi sebagai antioksidan yang mencegah peradangan.

– Yogurt

Makanan Berikutnya ialah yogurt. Yogurt merupakan makanan yang mengandung kalsium cukup tinggi. Yogurt kaya akan bakteri probiotik hidup, yang mempunyai berbagai manfaat kesehatan. Satu cangkir (246 gram) yogurt tawar mengandung 30% asupan harian yang direkomendasikan untuk kalsium serta fosfor, kalium dan vitamin B2 dan B12. Yogurt rendah lemak bahkan lebih tinggi kalsium, dengan 45% dari asupan harian yang direkomendasikan dalam satu cangkir atau setara dengan 245 gram yogurt.

– Buah Kiwi

Sebuah penelitian menunjukkan jika buah kiwi yang kaya akan kandungan vitamin C bisa membantu mengurangi stres oksidatif, menurunkan kolesterol serta meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini berpengaruh pada kesehatan kantong empedu.

– Gandum Utuh

Salah satu cara sederhana guna meningkatkan asupan serat ialah dengan mengganti produk biji-bijian olahan pada makanan seperti roti putih, nasi instan serta sereal rendah serat, dengan alternatif biji-bijian seperti roti gandum, beras merah serta oatmeal. Gandum utuh mempunyai komponen bergizi yang tidak hilang selama pemprosesan. Makanan yang kaya akan serat tidak hanya dapat membantu mencegah terbentuknya batu empedu, namun bisa juga membantu mengurangi gejala yang dirasakan para penderita batu empedu.

– Minyak Zaitun

Makanan berlemak yang hampir semua orang sepakati sehat ialah minyak zaitun extra virgin. Beberapa antioksidan ini bisa melawan peradangan serta membantu melindungi partikel LDL pada darah supaya tidak teroksidasi. Minyak zaitun baik untuk para penderita batu empedu, hal ini dikarenakan minyak zaitun bisa menjaga fungsi kantong empedu agar tetap sehat.

– Cokelat Hitam

Pada cokelat hitam terkandung zat besi yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, cokelat hitam juga mengandung serat prebiotik yang memberi makan bakteri ramah pada usus. Antioksidan pada cokelat hitam bisa membantu mencegah peradangan yang baik untuk para penderita batu empedu. Penelitian juga menunjukan jika cokelat mempunyai efek menguntungkan untuk menurunkan kolesterol.

– Makanan Manis

Untuk kamu yang suka mengonsumsi makanan manis, kamu masih bisa mengonsumsi makanan tersebut seperti es buah, es krim buah serta yogurt. Tidak hanya itu, permen atau marshmallow juga termasuk makanan bebas lemak yang masih aman untuk dikonsumsi. Tetapi, tetap harus dibatasi porsi nya guna mencegah asupan kalori yang berlebihan.

– Sayur dan Buah

Sayur dan buahan buahan juga bisa membantu menurunkan risiko terbentuknya batu empedu simptomatik yang menyebabkan pengangkatan kantong empedu. Makanan yang kaya akan serat juga dapat memberikan perlindungan terhadap batu empedu. Buah serta sayuran yang kaya akan serat diantaranya apel, blackberry, pir, brokoli serta wortel yang dimasak.

– Kacang Kacangan

Kacang kacangan ialah salah satu makanan kaya akan serat tinggi yang baik untuk pencernaan. Kandungan serat pada jenis kacang merah, amlond serta kacang polong bisa membantu menjaga kesehatan kantong empedu serta aman dikonsumsi untuk para penderita batu empedu. Biji-bijian juga rendah akan kolesterol yang dapat mencegah pembentukan batu empedu.


Selain itu, anda juga dapat mengonsumsi QnC Jelly Gamat untuk membantu Mengatasi Penyakit Batu Empedu.

Dapatkan PromoKIRIM BARANG DAHULU” + “DISKON SPESIAL

~ syarat & ketentuan berlaku ~

QnC Jelly Gamat ialah produk herbal asli Indonesia yang terbuat dari teripang emas, diproses menggunakan teknologi khusus yaitu “Natural Extraching”.

Produk QnC Jelly Gamat ini terbuat dari teripang emas yang dikombinasikan dengan bahan herbal alami lainnya seperti Sweetener Steva, Pengemulsi Nabati, Essen Natural, Ekstrak Buah & Sayur dan Air RO , tanpa campuran zat kimi apapun sehingga aman untuk dikonsumsi.

Produk  QnC Jelly Gamat ini telah terdaftra secara resmi di BPOM dengan no registrasi TR-173301471 serta telah tersertifikasi HALAL dari MUI. sehingga aman untuk dikonsumsi.

Khusus pemesanan hari ini bisa KIRIM BARANG DAHULU setelah barang sampai lalu bayar, dan dapatkan GRATIS ONGKOS KIRIM setiap pembelian minimal 4 botol QnC Jelly Gamat. Untuk informasi lebih lanjut, testimoni, dan cara pemesanan silahklan klik -> Bahaya dan Cara Mengatasi Batu Empedu Secara Alami

Baca Juga :

Penyebab Dan Faktor Pemicu Terbentuknya Batu Empedu

Gejala Penyakit Batu Empedu Yang Harus Diketahui

Menu Makanan Yang Menyebabkan Terbentuknya Batu Empedu

Posted by : Nugraha Nature

Makanan Yang Baik Dikonsumsi Oleh Penderita Batu Empedu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*