Gejala Penyakit Rematik Yang Perlu Diwaspadai

Gejala Penyakit Rematik Yang Perlu Diwaspadai

Gejala Penyakit Rematik Yang Perlu Diwaspadai

Gejala Penyakit Rematik Yang Perlu Diwaspadai Penyakit rematik merupakan kondisi dimana terjadinya peradangan sendi kronis yang diakibatkan oleh gangguan autoimun. Gangguan autoimun ini bisa terjadi pada saat sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk pertahanan terhadap penyusup seperti virus, bakteri serta jamur keliru malah menyerang sel serta jaringan tubuh sendiri.

Dalam dunia medis penyakit rematik disebut dengan istilah Rheumatoid arthritis (RA). Tidak hanya rematik, ada beberapa jenis gangguan autoimun lainnya yang dapat terjadi seperti penyakit lupus, multiple sclerosisi serta diabetes tipe 1.

Melansir dari Mayo Clinic, pada penyakit rematik sistem imun gagal membedakan jaringan sendiri dengan benda asing, sehingga menyerang jaringan tubuh sendiri khususnya jaringan sinovium. Jaringan sinovium ialah selaput tipis yang mengelilingi atau melapisi sendi. Hal ini menyebabkan gangguan autoimun pada penyakit rematik serta menyebabkan sendi bengkak, nyeri, meradang, rusak, kehilangan fungsi bahkan dapat menyebabkan kecacatan.

Penyakit ini bisa menyerang pada hampir semua sendi yang ada pada tubuh, namun yang paling sering terserang ialah sendi yang ada pada pergelangan tangan dan kaki, buku-buku jari serta lutut. Persendian lainnya yang memungkinkan untuk terserang rematik ialah tulang belakang, pinggul, leher, bahu, rahang, serta sambungan antar tulang sangat kecil yang ada pada telinga bagian dalam.

Gejala Penyakit Rematik

Seiring dengan berjalannya waktu, gejala rematik dapat menjadi semakin parah. Setiap orang mengalami gejala rematik yang berbeda-beda. Supaya dapat cepat untuk ditangani, kamu perlu mengetahui apa saja gejala-gejala rematik yang sering muncul. Berikut beberapa gejala rematik yang sering muncul, diantaranya :

– Demam

Demam merupakan kondisi yang menyertai gejala rematik lainnya. Healtline menyatakan jika suhu tubuh di atas 38 derajat C bisa menjadi indikasi infeksi atau penyakit lainnya yang harus diwaspadai.

– Kelelahan

Kelelahan menjadi salah satu gejala penyakit rematik yang sering timbul. Tiba-tiba tubuh akan merasa cepat lelah dari biasanya. Healthline menyatakan jika gejala penyakit rematik ini akan muncul sebelum gejala penyakit rematik lainnya.

– Sendi Bengkak

Gejala rematik selanjutnya ialah sendi bengkak. Pada biasanya pembengkakan ini timbul dikarenakan radang sendi. Biasanya, sendi yang membengkak terjadi selama beberapa hari atau minggu. Gejala rematik ini dpaat terjadi secara berulang-ulang, baik pada bagian sendi yang sama atau bagian sendi yang lainnya.

– Penumpukan Cairan

Cairan bisa terakumulasi terutama pada bagian pergelangan kaki. Dalam beberapa kasus penyakit rematik, kantung sendi yang ada pada belakang lutut mengakumulasi cairan serta membentuk apa yang dikenal sebagai kista baker. Kista baker terasa seperti tumor serta terkadang memanjang ke bawah, ke bagian belakang betik serta menyebabkan rasa sakit. Tetapi, kista jenis ini bisa berkembang pada seseorang yang tidak menderita penyakit rematik.

– Mati Rasa dan Kesemutan

Mati rasa serta kesemutan merupakan gejala lain dari penyakit rematik yang harus anda perhatikan. Gejala ini dapat terjadi diakibatkan adanya peradangan sendi yang menekan saraf. Sendi tangan atau kaki dapat menghasilkan bunyi ketika digerakan yang diakibatkan tulang rawan yang terluka.

– Nodul atau Muncul Benjolan

Pada sekitar 20% penderita rematik, peradangan yang terjadi pada pembuluh darah kecil bisa menyebabkan nodul atau benjolan di bawah kulit. Benjolan pada kasus ini biasanya berukuran sebesar kacang hijau atau sedikit lebih besar serta sering terletak pada dekat persendian. Nodul bisa terbentuk pada sepanjang perjalanan penyakit rematik.

– Badan Terasa Kaku Pada Pagi Hari

Ketika pagi hari badan akan terasa kaku atau ketika bangun tidur bisa jadi hal tersebut menjadi salah satu gejala penyakit ini. Kondisi seperti ini juga dapat disebut dengan sebutan morning stiffness. Jika hal ini dibiarkan begitu saja tanpa perawatan, maka gejala rematik ini dapat menjadi semakin parah.


Anda dapat mengonsumsi Samulinpro Sehat Sendi untuk membantu mengobati penyakit Rematik.

 

Dapatkan Promo “KIRIM BARANG DAHULU” + “GRATIS ONGKIR

~ syarat & ketentuan berlaku ~

Samulinpro ialah produk herbal yang berkhasiat mengatasi berbagai keluhan persendian, produk ini terbuat dari 100% bahan herbal alami yang diproses menggunakan TEKNOLOGI NANO sehingga khasiat yang terkandung lebih cepat diserap oleh tubuh dan proses pengobatannya menjadi lebih cepat.

Produk samulinpro sehat sendi ini telah terdaftra secara resmi di BPOM dengan no registrasi TR-173306941 serta telah tersertifikasi HALAL dari MUI. sehingga aman untuk dikonsumsi.

Salah satu kelebihan produk Samulinpro ada pada tahap produksi, dimana herbal ini diolah langsung oleh ahlinya sehingga khasiat bahan herbal yang digunakan tetap terjaga. Tidak hanya itu, produk ini menggunakan NANO TEKNOLOGI yang masih jarang digunakan dalam produksi obat herbal.

Khusus pemesanan hari ini bisa KIRIM BARANG DAHULU setelah barang sampai lalu bayar, dan dapatkan GRATIS ONGKOS KIRIM setiap pembelian minimal 2 botol. Untuk informasi lebih lanjut, testimoni, dan cara pemesanan silahklan klik ->Bahaya Dan Cara Mengatasi Penyakit Rematik

Baca Juga :

Penyebab Penyakit Rematik Yang Harus Diwaspadai

Posted by : Nugraha Nature

Gejala Penyakit Rematik Yang Perlu Diwaspadai

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*