Penyebab Penyakit Batu Ginjal Yang Harus Diwaspadai

Penyebab Penyakit Batu Ginjal Yang Harus Diwaspadai

Penyebab Penyakit Batu Ginjal Yang Harus Diwaspadai

Penyebab Penyakit Batu Ginjal Yang Harus Diwaspadai Penyakit batu ginjal ialah salah satu masalah kesehatan yang sering dikeluhkan. Munculnya penyakit ini seringkali dikaitkan dengan kebiasaan jarang minum. Karena ketika seseorang kurang minum, mineral serta garam yang harusnya terbuang melalui air seni akan mengendap serta membentuk “batu” pada ginjal.

Proses yang disebut dengan nefrolitiasis ini mempunyai ukuran batu yang sangat kecil sampai mencapai beberapa inci. Jenis penyakit ginjal ini juga mempunyai endapan dengan ukuran yang lebih besar serta mengisi saluran yang membawa urine dari ginjal ke kandung kemih. Batu tersebut dikenal dengan sebutan batu staghorn.

Batu-batu kecil ini biasanya bergerak melalui saluran kemih serta keluar dari tubuh tanpa kamu sadari, Tetapi, beberapa batu akan terus membesar pada tubuh selama berbulan-bulan bahkan hingga bertahun tahun. Kalau batu ini menuju ureter, kamu bisa merasakan sakit yang luar biasa pada perut bagian bawa sampai pangkal paha.

Penyebab Penyakit Batu Ginjal

Kurang minum bukan satu-satunya penyebab terjadinya penyakit ini. Ada juga beberapa kebiasaan serta masalah yang dapat menyebabkan batu ginjal. Berikut ini merupakan beberapa penyebab terbentuknya batu ginjal, diantaranya :

– Infeksi Ginjal

Batu Struvite pada ginjal juga bisa terbentuk ketika seseorang mempunyai masalah infeksi ginjal.

– Faktor Genetik

Batu sintik merupakan hasil dari kelainan genetik, yang berarti masalah ini diturunkan oleh orang tuang kepada anaknya. Gangguan ini dapat menyebabkan sistin bocor melalui ginjal kemudian ke dalam urine.

– Asam Urat Tinggi

Sebuah batu asam urat juga dapat terbentuk pada saat urine mengandung terlalu banyak asam. Orang-Orang yang terlalu banyak mengonsumsi daging, ikan, serta kerang mempunyai risiko untuk terkena batu asam urat.

– Tumpukan Kalsium

Kencing batu sering diakibatkan oleh batu ginjal yang mengandung kalsium. Kelebihan kalsium dapat menjadi penyebab batu ginjal. Hal ini dikarenakan, kalsium yang tidak digunakan oleh tulang serta otot pergi ke ginjal. Pada kebanyakan penderita batu ginjal, ginjal mengeluarkan ekstrak kalsium bersamaan dengan sisa urine. Seseorang yang mempunyai batu kalsium menyimpan kalsium pada ginjal mereka.

Kalsium yang tetap berada di belakang bergabung dengan produk-produk limbah lainnya guna membentuk batu. Seseorang bisa mempunyai kalsium oksalat serta batu kalsium fosfat, walaupun batu kalsium oksalat lebih umum.

– Kondisi Medis Tertentu

Kondisi medis tertentu juga bisa menjadi penyebab penyakit batu ginjal, seperti penyakit diabetes tipe 2, hiperparatiroidisme serta asam urat bisa menjadi pemicu munculnya penyakit ini.

– Kurang Mengonsumsi Air

Sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Oleh sebab itu mencukupi kebutuhan cairan setiap harinya sangatlah penting. Kurangnya cairan pada tubuh bisa menyebabkan mineral mudah mengkristal. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk mencukupi kebutuhan air atau cairan.

– Masalah Pada Pencernaan

Biasanya penyakit batu ginjal ditemukan pada penderita gangguan pencernaan, seperti penyakit Crohn, penyakit peradangan usus besar, serta kolitis ulseratif. Gangguan pencernaan bisa menimbulkan diare serta mengurangi frekuensi buang air kecil. Ketika seseorang tidak mengeluarkan urine sebanyak biasanya, maka tubuh bisa menyerap lebih banyak oksalat dari usus yang akan tercampur bersama air seni.

– Mengonsumsi Garam Berlebihan

Makanan yang tinggi kandungan garam nya atau sodium bisa menyebabkan batu ginjal. Oleh sebab itu, kurangi penggunaan garam berlebih dalam asupan. Tidak hanya itu, hindari mengonsumsi makanan tinggi garam seperti makanan kalengan, roti, serta makanan yang diawetkan. Makanan dengan kandungan garam yang tinggi bisa meningkatkan risiko pembentukan batu kalsium pada ginjal.

– Mengonsumsi Oksalat Yang Tinggi

Batu ginjal bisa dibedakan berdasarkan jenis mineral yang membentuknya. Jenis batu ginjal yang paling sering ditemukan ialah padatan campuran kalsium serta oksalat yang menyatu pada satu ginjal memproduksi air seni. Batu ginjal jenis ini diakibatkan oleh konsumsi senyawa oksalat dalam jumlah tinggi.

Makanan yang tinggi kandungan oksalat nya biasanya bisa ditemui pada makanan sehat serta sayur-sayuran seperti bayam, buah bit, belimbing, kacang-kacangan serta lain sebagainya. Ketika mengonsumsi makanan tinggi oksalat, coba kombinasikan dengan makanan tinggi kalsium. Hal ini dikarenakan kalsium bisa membantu tubuh untuk memproses oksalat serta mengikatnya bersama kalsium pada pencernaan, tidak hanya menggendap pada organ ginjal.

– Mengonsumsi Obat-Obatan Tertentu

Tidak hanya kondisi medis tertentu, mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti obat diuretik, antibiotik, obat untuk HIV dan lain lain juga berpotensi untuk menjadi penyebab batu ginjal.

– Terlalu Banyak Mengonsumsi Protein Hewani

Daging merah serta kerang merupakan dua jenis makanan yang tinggi akan protein hewani. Keduanya bisa meningkatkan asam urat, menurunkan kandungan sirtat, serta menambah kadar keasaman pada air seni. Peningkatan asam urat tidak hanya mengakibatkan gangguan asam urat pada persendian saja, namun juga bisa menyebabkan batu ginjal.

Faktor Risiko Penyakit Batu Ginjal

Ada banyak faktor-faktor risiko yang mempercepat pembentukan batu ginjal, diantaranya :

  1. Pernah menderita batu ginjal,
  2. Mengalami infeksi kandung kemih,
  3. Tidak mengonsumsi air yang cukup,
  4. Kelebihan berat badan bahkan sampai obesitas,
  5. Sedang menjalani diet tinggi protein, natrium, atau gula,
  6. Mengalami pembengkakan atau iritasi pada usus serta sendi,
  7. Mempunyai riwayat penyakit ginjal polikistik atau ginjal kistik lainnya,
  8. Mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti diuterik atau antasida kalsium,
  9. Anggota keluarga pernah atau bahkan sedang menderita penyakit batu ginjal,
  10. Pernah menjalani operasi penyakit pencernaan atau yang berkaitan dengan usus.

Selain itu, anda juga dapat mengonsumsi QnC Jelly Gamat untuk membantu Mengatasi Penyakit Asma.

Dapatkan PromoKIRIM BARANG DAHULU” + “DISKON SPESIAL

~ syarat & ketentuan berlaku ~

QnC Jelly Gamat ialah produk herbal asli Indonesia yang terbuat dari teripang emas, diproses menggunakan teknologi khusus yaitu “Natural Extraching”.

Produk QnC Jelly Gamat ini terbuat dari teripang emas yang dikombinasikan dengan bahan herbal alami lainnya seperti Sweetener Steva, Pengemulsi Nabati, Essen Natural, Ekstrak Buah & Sayur dan Air RO , tanpa campuran zat kimi apapun sehingga aman untuk dikonsumsi.

Produk  QnC Jelly Gamat ini telah terdaftra secara resmi di BPOM dengan no registrasi TR-173301471 serta telah tersertifikasi HALAL dari MUI. sehingga aman untuk dikonsumsi.

Khusus pemesanan hari ini bisa KIRIM BARANG DAHULU setelah barang sampai lalu bayar, dan dapatkan GRATIS ONGKOS KIRIM setiap pembelian minimal 4 botol QnC Jelly Gamat. Untuk informasi lebih lanjut, testimoni, dan cara pemesanan silahklan klik -> Komplikasi Dan Cara Mengatasi Batu Ginjal Secara Alami

 

Posted by : Nugraha Nature

Penyebab Penyakit Batu Ginjal Yang Harus Diwaspadai

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*