Penyebab Benjolan Payudara Yang Harus Diwaspadai

Penyebab Benjolan Payudara Yang Harus Diwaspadai

Penyebab Benjolan Payudara Yang Harus Diwaspadai

Penyebab Benjolan Payudara Yang Harus Diwaspadai Benjolan payudara sendiri merupakan jaringan lain yang tumbuh pada payudara. Tekstur benjolan ini tergantung pada jenisnya. Seperti, ada benjolan yang padat atau berisi cairan pada saat diraba. Walaupun sebagian besar benjolan payudara bersifat jinak (non-kanker), namun benjolan juga dapat menjadi salah satu tanda penyakit kanker payudara. Oleh karena itu, sangat penting untuk segera memeriksakan diri, jika kamu menyadari ada benjolan yang tumbuh pada payudara.

Tidak sedikit wanita yang mungkin akan langsung panik pada saat mendapati adanya benjolan pada payudara nya. Bagaimana tidak, benjolan payudara dapat menjadi salah satu gejala penyakit kanker payudara yang sangat mengancam jiwa. Kewaspadaan ini memang penting dilakukan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Tetapi sebenarnya, penyebab benjolan payudara tidak selalu dikarenakan penyakit kanker payudara.

Penyebab Benjolan Payudara

Dokter spesialis bedah RS Brayat Minulya Surakarta, dr. Yudit Anastasia Sari, M. Biomed, SP.B, menyatakan ada beberapa penyebab timbulnya benjolan di payudara yang dapat dikenali, diantaranya:

– Lipoma

Lipoma ialah benjolan lemak yang tumbuh secara perlahan di bawah kulit. Benjolan ini bisa tumbuh pada bagian tubuh manapun seperti leher, bahu, punggung, perut, termasuk payudara. Lipoma termasuk tumor jinak serta tidak berbahaya, namun dapat dibuang jika ukurannya sudah cukup besar dan mengganggu. Belum diketahui secara pasti apa penyebab lipoma ini. Tetapi, kondisi ini cenderung terjadi pada seseorang dari keluarga yang mempunyai riwayat lipoma. Walaupun bisa dialami oleh semua orang dari berbagai usia, lipoma ini sering menimpa orang yang berusia 40-60 tahun.

Fibrokistik

Fibrokistik merupakan jenis tumor payudara jinak yang dapat hilang-timbul sesuai siklus haid. Penyebab tumor payudara jinak ini ialah perubahan hormonal yang terjadi selama masa menstruasi. Ciri-ciri benjolan ini biasanya diikuti dengan kondisi kencang atau bengkak pada payudara. Umumnya, fibrokistik akan dialami oleh perempuan yang berusia 20-50 tahun.

Fibroadenoma

Fibroadenoma ialah jenis tumor payudara jinak yang paling sering menyerang pada wanita yang berusia 15-35 tahun. Dr. Yudit menjelaskan, tumor payudara jinak ini terjadi pada saat sel-sel kelenjar serta jaringan ikat pada payudara tumbuh secara berlebihan. Ciri-ciri benjolan pada fibroadenoma ialah dapat digerakan atau berpindah-pindah tempat. Kalau ditekan, benjolan ini akan terasa padat, berbentuk bulat atau oval, serta kenyal. Benjolan ini juga tidak akan menimbulkan rasa sakit pada saat ditekan. Penyebab fibroadenoma diduga ialah pengaruh hormon pada tubuh wanita.

– Kista Payudara

Selanjutnya ialah kista payudara. Kista payudara ialah benjolan yang berisi cairan yang bisa terbentuk pada salah satu atau bahkan pada kedua payudara. “Kista payudara tidak bersifat kanker jadi tidak perlu terlalu dicemaskan ketika benjolan yang muncul di payudara sudah dipastikan berisi cairan,” jelas dr. Yudit. Menurut ia, penyebab kista payudara ini bisa berkaitan dengan adanya perubahan hormon perempuan, apalagi pada siklus menstruasi setiap bulan.

– Gumpalan Darah

Walaupun jarang terjadi, benjolan di payudara bisa juga diakibatkan oleh pembekuan darah pada pembuluh darah yang berada tepat dibawah kulit atau tromboflebitis superfisial. Kondisi yang tergolong langka ini bisa memengaruhi salah satu pembuluh darah pada payudara serta ini merupakan yang paling sering memengaruhi benjolan di sisi luar atau bawah puting payudara. Kamu mungkin saja akan merasakan adanya goresan yang menonjol yang terkadang sakit pada saat diraba atau ditekan. Kondisi ini juga bisa diakibatkan oleh trauma pada daerah payudara, olahraga yang terlalu kuat atau memakai bra yang terlalu ketat. Kabar baiknya benjolan payudara yang diakibatkan oleh gumpalan darah bisa menghilang dengan sendirinya.

Papiloma Intraduktal

Papiloma intraduktal ialah tumor jinak yang terbentuk pada duktus, yaitu saluran yang membawa susu dari kelenjar susu (lobulus) ke puting payudara. Tumor ini terbentuk dari jaringan fibrosa, kelenjar serta pembuluh darah. Papiloma intraduktal dikenal paling sering menimpa pada wanita yang berusia 35-55 tahun. Benjolan papiloma intraduktal bisa berupa tumor tunggal (solitary intraductal papilloma). Papiloma jenis ini pada umumnya tumbuh di dekat puting serta tidak bersifat kanker. Sedangkan papiloma yang terdiri dari banyak tumor (multiple papilloma) lebih berisiko untuk berkembang menjadi kanker.

– Payudara Kamu Padat

Payudara terdiri dari kombinasi jaringan lemak serta jaringan ikat. Perempuan yang mempunyai payudara yang padat mempunyai banyak jaringan ikat serta sedikit jaringan lemak. Menurut University of Rochester Medical Center, dua per tiga dari premenopause serta post-menopause wanita mempunyai jaringan payudara yang padat. Sehingga, sulit untuk membedakan benjolan biasa serta kanker dengan mammogram tradisional. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui apakah yang muncul itu benjolan batu atau lama, serta apakah itu berubah.


Selain itu, anda juga dapat mengonsumsi Sarmucare Kapsul untuk membantu Mengatasi Benjolan di Payudara.

Dapatkan PromoKIRIM BARANG DAHULU” + “GRATIS ONGKIR

~ syarat & ketentuan berlaku ~

Obat herbal benjolan di ketiak Sarmucare Sarang Semut Kapsul merupakan obat herbal yang terbuat dari 100% bahan alami yaitu ekstrak sarang semut papua asli. Aman dikonsumsi karena telah memenuhi standar sertifikasi dari BPOM-RI dan Sertifikat Halal dari MUI.

Produk Sarmucare Sarang Semut Kapsul  adalah produk herbal kesehatan yang terbuat dari bahan alami yaitu 100% ekstrak Sarang Semut tanpa sedikitpun campuran zat kimia berbahaya didalamnya.

Sehingga sangat aman digunakan tanpa menimbulkan EFEK SAMPING yang merugikan tubuh. Sarmucare mempunyai beberapa senyawa aktif antara lain :

  • Flavonoid.
  • Tokoferol.
  • Fenolik.

Selain itu dalam herbal sarang semut ini terkandung, gizi, nutrisi dan zat aktif yang sangat lengkap. Seperti : Kalsium, natrium, kalium, zat besi, fosfor dan senyawa lainnya yang berguna sebagai Antioksidan dan Anti kanker.

Produk Sarmucare ini telah terdaftra secara resmi di BPOM dengan no registrasi TR193325781 serta telah tersertifikasi HALAL dari MUI. sehingga aman untuk dikonsumsi.

Khusus pemesanan hari ini bisa KIRIM BARANG DAHULU setelah barang sampai lalu bayar, dan dapatkan GRATIS ONGKOS KIRIM setiap pembelian minimal 2 botol Sarmucare. Untuk informasi lebih lanjut, testimoni, dan cara pemesanan silahklan klik -> Cara Alami Menghilangkan Benjolan Pada Payudara

 

Posted by : Nugraha Nature

Penyebab Benjolan Payudara Yang Harus Diwaspadai

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*