Mitos Dan Fakta Tentang Penyakit Rematik

Mitos Dan Fakta Tentang Penyakit Rematik

Mitos Dan Fakta Tentang Penyakit Rematik

Mitos Dan Fakta Tentang Penyakit Rematik Rematik atau dalam dunia medis dikenal dengan sebutan artritis. Artritis ialah peradangan yang terjadi pada sendi. Gejala artritis ialah nyeri sendi serta kekakuan pada sendi yang pada biasanya dapat memburuk seiring dengan bertambanya usia. Penyakit yang satu ini banyak sekali mitos-mitosnya.

Mitos dan Fakta Penyakit Rematik

Banyak sekali fakta dan mitos yang beredar tentang penyakit rematik dikalangan masyarakat. Pengetahuan yang keliru ini kemudian dapat menimbulkan kekeliruan dalam menyikapinya. Berikut ini Fakta dan Mitos tentang penyakit rematik yang perlu anda ketahui, diantaranya :

– Rematik Disebabkan Cuaca Dingin.

Jika terlalu sering mandi serta berada dalam ruangan dingin atau ber-AC dapat menyebabkan rematik apakah mitos atau fakta? Jawabanya Mitos, ya mitos seperti ini sangat amat populer di kalangan masyarakat.

Faktanya, tidak terbukti jika sering mandi malam atau sering berada dalam ruangan dingin dapat menyebabkan rematik, hal ini dikarenakan secara patologis tidak ada kaitannya antara cuaca dingin dengan munculnya penyakit ini. Air atau udara dingin dapat menyebabkan kapsul sendi mengkerut. Hal ini tentunya dapat menambah rasa sakit pada penderita rematik yang pada dasarnya sendi nya memang sudah sakit. Sebaiknya, para penderita rematik dianjurkan untuk mandi menggunakan air hangat sehingga dapat mengurangi nyeri pada persendian.

– Rematik Merupakan Penyakit Tulang

Faktanya rematik merupakan penyakit yang menyerang persendian tulang yang terdiri dari berbagai jenis diantaranya ialah osteoartritis dan reumatoid artritis. Osteoartritis paling sering menyerang pada persendian besar yang mendukung berat badan seperti tulang lutut, panggul, tulang belakang, punggung serta leher walaupun tidak menutup kemungkinan bisa menyerang daerah lainnya. Sementara reumatoid artritis disebabkan sistem imun yang menyerang lapisan atau membran sinovial sendi serta melibatkan seluruh organ-organ tubuh, bisa menyebabkan kecatatan.

– Penderita Rematik Tidak Boleh Dipijat

Pernyataan di atas kurang tepat, pemijatan yang tidak tepat dapat menyebabkan daerah yang sedang meradang bisa semakin terasa nyeri serta memperparah rematik itu sendiri. Teknik pijat yang sangat dianjurkan untuk penderita rematik ialah myofascialrelease, pijat refleksi, hot stone atau cold stone massage, trigger point massage, dan sebagainya.

Program terapi fisik atau rehabilitasi medis untuk penderita artritis yang dirancang oleh dokter juga pada umumnya meliputi teknik pemijatan yang disesuaikan dengan kondisi medis pasiennya. Pasien yang mempunyai artritis kronis bisa mendapatkan manfaat dari teknik pemijatan secara teratur, yakni bisa mengurangi rasa nyeri serta kekakuan akibat radang sendi, serta membantu meningkatkan kualitas tidur penderitanya.

– Rematik Merupakan Penyakit Keturunan

Walaupun mitos ini tidak sepenuhnya salah, namun masih tetap perlu diluruskan. Faktanya dari 100 jenis penyakit rematik, tidak semua jenis penyakit ini ‘diwariskan’ atau faktor genetik. Sehingga kalau orang tua atau paman menderita riwayat rematik, belum tentu kamu menderita penyakit rematik juga.

– Mandi Malam Bisa Menyebabkan Rematik

Fakta nya mandi malam tidak menyebabkan rematik. Dalam kasus rematik keluhan terfokus pada bagian persendian, sehingga penderitanya dapat merasakan nyeri. Fakta nya ialah mandi pada malam hari bisa memperburuk kondisi seseorang yang telah mempunyai kondisi penyakit rematik persendian.

– Mengonsumsi Jeroan Menyebabkan Rematik

Fakta atau Mitos jika mengonsumsi jeroan dapat menyebabkan rematik? Jawabannya Mitos. Fakta nya, sekitar lebih dari 100 macam rematik, hanya satu yang berkaitan dengan makanan (jeroan), yaitu jenis rematik Artritis Gout/Pirai atau asam urat.

– Kangkung atau Bayang Dapat Menyebabkan Rematik

Tidak ada hasil penelitian yang menghubungkan sayu bayam atau kangkung dengan risiko penyakit rematik. Walaupun begitu, kalau anda menderita rematik anda pastinya harus menghindari makanan yang bisa memicu kekambuhan, yaitu makanan tinggi purin seperti jeroan, seafood, serta alkohol.

– Wanita Hamil dan Menyusui Rawan Untuk Terkena Rematik

Fakta atau Mitos jika perempuan hamil dan menyusui lebih rentan untuk terkena rematik Jawabannya Mitos. Sebuah Penelitian Terbaru American College of Rheumatology di New Orleans, Louisiana, menyatakan jika perempuan yang menyusui bayinya selama 2 tahun atau lebih, kecil kemungkinan nya untuk terkena penyakit artritis rematoid dibandingkan perempuan yang hanya menyusui bayinya kurang dari 3 bulan.

– Kebiasaan Menggertakkan Sendi Dapat Meningkatkan Risiko Artritis atau Peradangan Sendi

Hayo disini siapa yang sering menggertakkan sendi ? Fakta atau Mitos ya jika kebisaan menggertakan sendi bisa meningkatkan risiko peradangan sendi? Jawabannya Mitos.

Faktanya tidak terdapat peningkatan kejadian artritis atau peradangan sendi pada seseorang yang sering membunyikan jari serta yang tidak sama sekali. Tetapi, peningkatan peradangan serta pengurangan kekuatan pada tangan dapat dialami oleh mereka yang sering membunyikan sendinya. Jadi, menggertakan sendi bukan penyebab dari penyakit ini. Namun, dengan membunyikan jari bisa meningkatkan risiko dislokasi sendi serta kerusakan ligamen sendi.


Selain itu anda dapat mengonsumsi Samulinpro Sehat Sendi untuk membantu mengobati penyakit Rematik.

 

Dapatkan Promo “KIRIM BARANG DAHULU” + “GRATIS ONGKIR

~ syarat & ketentuan berlaku ~

Samulinpro ialah produk herbal yang berkhasiat mengatasi berbagai keluhan persendian, produk ini terbuat dari 100% bahan herbal alami yang diproses menggunakan TEKNOLOGI NANO sehingga khasiat yang terkandung lebih cepat diserap oleh tubuh dan proses pengobatannya menjadi lebih cepat.

Produk samulinpro sehat sendi ini telah terdaftra secara resmi di BPOM dengan no registrasi TR-173306941 serta telah tersertifikasi HALAL dari MUI. sehingga aman untuk dikonsumsi.

Salah satu kelebihan produk Samulinpro ada pada tahap produksi, dimana herbal ini diolah langsung oleh ahlinya sehingga khasiat bahan herbal yang digunakan tetap terjaga. Tidak hanya itu, produk ini menggunakan NANO TEKNOLOGI yang masih jarang digunakan dalam produksi obat herbal.

Khusus pemesanan hari ini bisa KIRIM BARANG DAHULU setelah barang sampai lalu bayar, dan dapatkan GRATIS ONGKOS KIRIM setiap pembelian minimal 2 botol. Untuk informasi lebih lanjut, testimoni, dan cara pemesanan silahklan klik ->Bahaya Dan Cara Mengatasi Penyakit Rematik

Baca Juga :

Penyebab Penyakit Rematik Yang Harus Diwaspadai

Gejala Penyakit Rematik Yang Perlu Diwaspadai

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Rematik

Makanan Yang Bisa Membantu Meredakan Rematik

Minuman Alami Dan Aman Pereda Nyeri Rematik

Rempah Rempah Untuk Membantu Meredakan Rematik

Cara Sederhana Untuk Mengobati Rematik

Posted by : Nugraha Nature

Mitos Dan Fakta Tentang Penyakit Rematik

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*