Minuman Yang Dianjurkan Untuk Penderita Batu Ginjal

Minuman Yang Dianjurkan Untuk Penderita Batu Ginjal

Minuman Yang Dianjurkan Untuk Penderita Batu Ginjal

Minuman Yang Dianjurkan Untuk Penderita Batu Ginjal Mengonsumsi cairan dalam jumlah yang cukup bisa mencegah terbentuknya penyakit batu ginjal serta membantu melancarkan aliran darah pada saluran kemih, terutama ketika sudah terbentuk bebatuan kecil. Walaupun mengonsumsi air putih saja sudah cukup, namun mengonsumsi jenis minuman sehat lainnya juga bisa bermanfaat untuk kesehatan. Salah satu jenis minuman sehat yang bisa membantu menghancurkan batu ginjal yang berukuran kecil ialah jus buah.

Jus Buah Yang Dipercaya Bisa Membantu Menghancurkan Batu Ginjal

Jika kamu didiagnosis menderita batu ginjal serta dokter belum mengundurkan untuk melakukan operasi, kamu bisa mencoba mengonsumsi beberapa jenis jus buah dan sayur dibawah ini guna membantu menghancurkan batu ginjal. Berikut ini beberapa jenis jus buah dan sayur yang dapat membantu menghancurkan batu ginjal diantaranya :

– Air Putih

Masalah ginjal pada umum nya berhubungan dengan cairan. Merangkum dari Healthline, mengonsumsi banyak cairan merupakan bagian penting untuk menjaga ginjal, mencegah pembentukan batu ginjal serta bahkan saja bisa mengeluarkannya.

Ya cairan tidak hanya dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh namun juga bisa mengeluarkan batu ginjal melalui saluran kemih. Jika kamu didiagnosis menderita batu ginjal, usahakan untuk mengonsumsi 12 gelas air putih setiap harinya. Hal ini dikarenakan dehidrasi merupakan salah satu faktor risiko utama timbulnya batu ginjal.

– Jus Jeruk

Jus jeruk yang mengandung sitrat dalam bentuk alami bisa menjadi salah satu jenis jus yang dapat membantu menghancurkan batu ginjal. Sitrat bisa mencegah pembentukan batu ginjal dengan cara mengurangi keasaman pada urine. Perlu diketahui, jus jeruk merupakan buah sitrat yang paling ampuh guna menghancurkan batu ginjal dari pada buah sitrat lainnya.

– Jus Lemon

Melansir dari Business Insider, minuman yang satu ini bisa membantu mencegah terjadinya batu ginjal, terutama yang terbentuk dari mineral kalsium. Pada saat batu ginjal kalsium terbentuk di saluran kemih yang mengarah ke batu ginjal, sitrat (senyawa dalam lemon) bisa melapisi endapan tersebut sehingga kalsium serta oksalat tidak banyak menggumpal.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Urology pada tahun 2017 menemukan jika mengonsumsi 2 liter air dengan sekitar 120 ml jus lemon bisa membantu menurunkan laju pembentukan batu ginjal. Tidak hanya itu, sitrat juga bisa memecah batu menjadi lebih kecil sehingga mudah untuk dikeluarkan.

– Jus Seledri

Jus seledri menjadi salah satu jus yang bisa menghancurkan batu ginjal. Jenis jus yang satu ini sudah digunakan pada pengobatan tradisional serta bisa membantu batu ginjal keluar melalui urine. Cara pembuatan jus seledri ialah campurkan 1 atau lebih batang seledri ke dalam air. Kamu bisa mengonsumsi satu gelas jus seledri setiap harinya.

– Jus Semangka

Semangka bisa menjadi salah satu buah penghancur batu ginjal dikarenakan kandungan potasium nya yang cukup tinggi. Potasium sendiri mempunyai beragam manfaat untuk ginjal. Mengonsumsi jus semangka bisa membantu mengatur kadar asam pada urine.

– Jus Cuka Apel

Cuka apel mengandung asam asetat yang bisa membantu melarutkan batu ginjal. Tidak hanya itu, cuka apel juga bisa membantu mengurangi rasa nyeri yang diakibatkan oleh batu ginjal. Kamu bisa mengonsumsi cuka apel sekali dalam sehari. Untuk cara konsumsinya, tambahkan 2 sendok makan cuka apel ke dalam 250 ml air putih.

Ingat jangan mengonsumsi cuka apel dengan jumlah yang berlebihan. Hal ini dikarenakan mengonsumsi cuka apel dengan jumlah yang banyak bisa mengurangi kadar potasium pada tubuh, serta dapat memicu osteoporosis. Tidak hanya itu, untuk penderita diabetes, perhatikan kadar gula darah ketika mengonsumsi juga yang baik untuk kesehatan ginjal. Mengonsumsi cuka apel juga tidak disarankan untuk pasien yang sedang mengonsumsi obat golongan digoxin, diuretik serta insulin.

– Jus Wheatgrass

Manfaat wheatgrass untuk saluran kemih, yaitu membantu meningkatkan aliran urine sehingga bisa membantu batu ginjal keluar. Oleh sebab itu mengonsumsi jus Wheatgrass baik untuk kesehatan ginjal. Kamu bisa mengonsumsi jus Wheatgrass sebanyak 250 ml perharinya. Namun pada awal mengonsumsi jus wheatgrass sebaiknya konsumi sebanyak 150 ml terlebih dulu, kemudian bisa ditingkatkan perlahan lahan hingga mencapai 250 ml perharinya. Guna mengurangi efek mual, konsumsi jus wheatgrass ketika perut tidak kosong. Jika tidak bisa mendapatkan wheatgrass alami, suplemen yang mengandung wheatgrass bisa menjadi pilihan.

– Jus Daun Basil

Daun basil mengandung asam asetat yang bisa membantu mencegah batu ginjal. Pada daun basil terdapat kandungan antioksidan serta antiperadangan sehingga jus basil bisa membantu menjaga kesehatan ginjal. Kamu bisa menggunakan daun basil yang dikeringkan atau pun yang masih segar untuk membuat teh atau jus.

Perlu diingat, jus basil ini tidak dianjurkan dikonsumsi lebih dari 6 minggu hal ini dikarenakan bisa menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan tekanan darah, serta bisa meningkatkan risiko pendarahan.

– Jus Buah Delima

Sudah sejak lama, jus buah delima digunakan guna meningkatkan fungsi ginjal secara tradisional. Jus yang satu ini bisa membantu menurunkan kadar keasaman urine sehingga mencegah terbentuknya batu ginjal. Belum ada batasan yang direkomendasikan tentang seberapa banyak jus buah delima bisa dikonsumsi dalam sehari. Tetapi, hindari mengonsumsi jus buah delima jika kamu sedang menggunakan obat-obatan seperti chlorothiazide, serta obat penurun kolesterol seperti rosuvastatin.

– Kaldu Kacang Merah

Sup kacang merah merupakan salah satu alternatif yang enak serta mudah bagi penderita batu ginjal. Kaldu kacang merah sudah sejak lama digunakan untuk meningkatkan kesehatan saluran kemih serta ginjal pada pengobatan tradisional di India. Cara mengonsumsinya sangatlah mudah, kamu hanya perlu membuat kaldu dari rebusan kacang merah kemudian menyaring nya. Air rebusan tersebut bisa dikonsumsi sepanjang hari.


Selain itu, anda juga dapat mengonsumsi QnC Jelly Gamat untuk membantu Mengatasi Penyakit Asma.

Dapatkan PromoKIRIM BARANG DAHULU” + “DISKON SPESIAL

~ syarat & ketentuan berlaku ~

QnC Jelly Gamat ialah produk herbal asli Indonesia yang terbuat dari teripang emas, diproses menggunakan teknologi khusus yaitu “Natural Extraching”.

Produk QnC Jelly Gamat ini terbuat dari teripang emas yang dikombinasikan dengan bahan herbal alami lainnya seperti Sweetener Steva, Pengemulsi Nabati, Essen Natural, Ekstrak Buah & Sayur dan Air RO , tanpa campuran zat kimi apapun sehingga aman untuk dikonsumsi.

Produk  QnC Jelly Gamat ini telah terdaftra secara resmi di BPOM dengan no registrasi TR-173301471 serta telah tersertifikasi HALAL dari MUI. sehingga aman untuk dikonsumsi.

Khusus pemesanan hari ini bisa KIRIM BARANG DAHULU setelah barang sampai lalu bayar, dan dapatkan GRATIS ONGKOS KIRIM setiap pembelian minimal 4 botol QnC Jelly Gamat. Untuk informasi lebih lanjut, testimoni, dan cara pemesanan silahklan klik -> Komplikasi Dan Cara Mengatasi Batu Ginjal Secara Alami

Baca Juga :

Penyebab Penyakit Batu Ginjal Yang Harus Diwaspadai

Gejala Penyakit Batu Ginjal Yang Sering Disepelekan

Makanan Penyebab Batu Ginjal Yang Harus Diwaspadai Penderita

Makanan Yang Bisa Membantu Meluruhkan Batu Ginjal

Posted by : Nugraha Nature

Minuman Yang Dianjurkan Untuk Penderita Batu Ginjal

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*