Menu Makanan Penurun Kadar Kolesterol Tinggi

Menu Makanan Penurun Kadar Kolesterol Tinggi

Menu Makanan Penurun Kadar Kolesterol Tinggi

Menu Makanan Penurun Kadar Kolesterol Tinggi Kolesterol tinggi yang ada pada tubuh bisa menjadi faktor utama timbulnya penyakit jantung. Oleh karena itu, mengontrol kadar kolesterol dan faktor risikonya merupakan cara efektif guna mengurangi potensi terkena penyakit jantung koroner. Umumnya, kolesterol berada pada zat makanan yang dikonsumsi serta bisa meningkatkan kadarnya pada darah tergantung seberapa banyak makanan yang dikonsumsi.

Oleh karena itu, siapapun kamu disarankan guna mengatur makanan yang dikonsumsi untuk menjaga kadar kolesterol agar tetap normal. Selama pemasukan kolesterol pada tubuh masih seimbang atau sesuai dengan kebutuhan, maka tubuh akan tetap sehat serta tidak akan terganggu mekanisme kerjanya. Sebaliknya, jika kolesterol yang dimasukkan ke dalam tubuh melebihi kadar yang diperlukan, maka kadar kolesterol pada darah bisa meningkat melebihi angka normal.

Makanan Penurun Kolesterol

Salah satu cara menurunkan kolesterol secara alami ialah dengan menjaga pola makan. Hindari mengonsumsi makanan yang menyebabkan kadar kolesterol jahat (LDL) serta trigliserida melonjak. Tidak hanya itu, jangan lupa mengonsumsi asupan yang dapat menjaga kadar tekanan darah supaya tetap stabil. Berikut ini beberapa jenis makanan yang dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, diantaranya :

– Gandum Utuh

Oat yang terbuat dari gandum utuh seperti oatmeal, tepung oat serta bubuk oat juga termasuk makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi. Menurut Harvard Health Publishing, oat mengandung serat larut jenis beta-glukan yang dapat menjaga kesehatan metabolisme tubuh.

– Bawang Putih

Sudah sejak lama bawang putih digunakan sebagai bahan untuk memasak serta sebagai obat herbal. Bawang putih mengandung senyawa alicin yang dapat membantu mengontrol tekanan darah supaya tetap stabil. Tidak hanya itu, bawang putih juga berpotensi untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat serta kadar kolesterol total.

– Ikan Berlemak

Ikan berlemak, seperti salmon serta makarel merupakan sumber asam lemak omega-3 rantai panjang yang sangat baik. Omega-3 meningkatkan kesehatan jantung dengan cara meningkatkan kolesterol baik (HDL) serta menurunkan risiko peradangan serta stroke.

Dalam sebuah penelitian besar menemukan jika orang dewasa yang mengonsumsi tuna atau ikan panggang atau ikan kukus setidaknya sekali dalam seminggu mempunyai risiko terkena penyakit stroke 27% lebih rendah daripada yang tidak melakukannya. Mengonsumsi ikan sebanyak 2-3 dalam seminggu dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh.

– Sayuran Hijau

Sayuran yang berdaun hijau seperti kangkung, bayam, sawi dan lain-lain menjadi salah satu jenis makanan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Jenis sayuran hijau ini dapat menurunkan kadar kolesterol dengan cara mengikat asam empedu serta membuat tubuh mengeluarkan lebih banyak kolesterol. Kandungan zat luetin yang terkandung pada sayuran berdaun hijau ini juga terbukti dapat mencegah terbentuknya plak pada dinding pembuluh darah arteri.

– Minyak Zaitun

minyak zaitun merupakan sumber makanan yang kaya akan asam lemak tak jenuh yang bisa membantu meningkatkan kolesterol baik serta menurunkan kolesterol jahat pada tubuh. Untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, kamu bisa mencoba mengonsumsi minyak zaitun sebanyak 4 sendok makan (60 ml) sehari serta akan lebih baik dengan penerapan diet mediterania. Minyak zaitun merupakan sumber kaya asam lemak tak jenuh tunggal jenis yang bisa membantu meningkatkan kolesterol baik serta menurunkan kolesterol jahat.

Dark Chocolate

Kakao merupakan bahan utama dalam pembuatan cokelat hitam atau yang dikenal dengan dark chocolate. Mungkin tidak banyak yang mengetahui, namun penelitian sudah membuktikan jika mengonsumsi cokelat hitam serta kakao bisa menurunkan kolesterol jahat pada tubuh. Pada sebuah penelitian, orang dewasa yang mengonsumsi cokelat dua kali sehari selama satu bulan, mengalami penurunan kadar kolesterol jahat sampai 0,17 mmol/l atau 6,5 mg/dl. Tidak hanya itu, tekanan darah mereka juga menurun serta kadar kolesterol baiknya meningkat. Kakao serta cokelat hitam juga dilaporkan bisa mencegah kolesterol jahat (LDL) pada darah dari oksidasi, yang merupakan penyebab utama penyakit jantung. Guna mendapatkan manfaat terbaik nya, tentunya jangan mengonsumsi cokelat dengan tambahan gula.

– Kacang-Kacangan

Dilansir dari Health Line, kacang-kacangan merupakan makanan padat nutrisi yang juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang tinggi. Jenis kacang almond, kacang tanah, kacang merah serta kenari baik dikonsumsi oleh para penderita kolesterol tinggi, hal ini dikarenakan kacang-kacangan tersebut mengandung pitosterol. Senyawa pitosterol secara struktural mirip dengan kolesterol serta bisa membantu menurunkan kolesterol dengan cara menghalangi penyerapan kolesterol pada usus.

Selain itu, kacang-kacangan juga bisa menurunkan tekanan darah serta risiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan beberapa jenis kacang-kacangan kaya akan kandungan L-arginin, asam amino yang bisa membantu tubuh membuat oksida nitrat. Proses ini pada gilirannya, dapat membantu mengatur tekanan darah.

– Buah Tinggi Serat Larut

Buah menjadi tambahan makanan yang baik untuk diet jantung sehat dikarenakan beberapa alasan. Banyak jenis buah yang kaya akan serat larut, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Salah satu jenis serat larut yang dikenal dengan sebutan pektin bisa menurunkan kadar kolesterol hingga 10%. Senyawa ini dapat ditemukan pada buah-buahan seperti apel, jeruk, anggur serta stroberi. Mengonsumsi buah-buahan sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan kolesterol baik serta menurunkan kadar kolesterol jahat.


Selain itu, anda juga dapat mengonsumsi Keloreena Kapsul untuk membantu Mengatasi Penyakit Kolesterol.

Dapatkan PromoKIRIM BARANG DAHULU” + “GRATIS ONGKIR

~ syarat & ketentuan berlaku ~

Keloreena ialah produk asli Indonesia yang berkhasiat untuk mengobati semua keluhan penyakit secara alami. Produk ini terbuat dari 100% ekstrak daun kelor tanpa campuran bahan kimia apapun. Kandungan yang terdapat pada daun kelor diantaranya : protein, kalsium, magnesium, potaisum dan kalium, vitamin A dan C, falvonoid dan fitosterol, zat besi, efek laktagogum, Riboflavin (B2), dan lain-lain.

Dimana herbal ini menggunakan menggunakan teknologi canggih masa kini. Yakni NANO TEKNOLOGI, dengan teknologi ini khasiat dari bahan herbal akan lebih sempurna di serap tubuh. Dan manfaatnya akan lebih cepat dirasakan. 

Produk  Keloreena ini telah terdaftar secara resmi di BPOM dengan no registrasi TR193332021 serta telah tersertifikasi HALAL dari MUI. sehingga aman untuk dikonsumsi.

Khusus pemesanan hari ini bisa KIRIM BARANG DAHULU setelah barang sampai lalu bayar, dan dapatkan GRATIS ONGKOS KIRIM setiap pembelian minimal 2 botol Keloreena Isi 100 Kapsul. Untuk informasi lebih lanjut, testimoni, dan cara pemesanan silahklan klik -> Bahaya Kolesterol Dan Cara Menurunkannya Secara Alami

Baca Ini Juga : 

Gejala Penyakit Kolesterol Yang Harus Diwaspadai

Penyebab Kolesterol Tinggi Yang Harus Diwaspadai

Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Kolesterol

Posted by : Nugraha Nature

Menu Makanan Penurun Kadar Kolesterol Tinggi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*