Makanan Yang Baik Dikonsumsi Penderita Gagal Ginjal

Makanan Yang Baik Dikonsumsi Penderita Gagal Ginjal

Makanan Yang Baik Dikonsumsi Penderita Gagal Ginjal

Makanan Yang Baik Dikonsumsi Penderita Gagal Ginjal Ginjal ialah salah satu organ pada tubuh yang paling penting. Namun, sayangnya, masih banyak orang yang lupa dengan peran organ yang satu ini serta terkesan tidak perduli dengan kesehatan ginjal. Gaya hidup yang tidak sehat bisa mengganggu kesehatan ginjal serta bisa meningkatkan risiko terkena penyakit gagal ginjal. Kondisi seperti ini bisa mengakibatkan limbah-limbah yang seharusnya dibuang dari tubuh justru menumpuk pada tubuh. Untuk menjaga kondisinya, para penderita gagal ginjal harus mengurangi mengonsumsi makanan yang mengandung kalium serta fosfor yang tinggi, dan harus membatasi konsumsi protein.

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Gagal Ginjal.

Pengaturan makanan pada penderita gagal ginjal yang biasa dilakukan oleh dokter ialah dengan melakukan diet ramah ginjal. Diet ramah ginjal ini harus diterapkan dengan baik guna membantu mengurangi limbah pada darah. Dengan melakukan hal ini, maka kualitas hidup anda akan meningkat. Berikut ini ialah beberapa jenis makanan yang baik di konsumsi oleh penderita gagal ginjal. diantaranya :

– Apel

Buah apel mempunyai kandungan kalium yang rendah, tidak hanya itu buah apel juga bisa menurunkan kadar kolesterol dan glukosa dalam darah. Paling baik kalau mengonsumsi buah apel dengan kulitnya pastinya setelah dicuci bersih. Atau kamu juga bisa memvariasikan nya dengan buah rendah kalium lainnya, seperti nanas, anggur, belimbing serta stroberi.

– Kubis

Kubis atau kol merupakan bahan makanan yang boleh dikonsumsi oleh para penderita gagal ginjal. Hal ini dikarenakan kubis ini rendah akan kalium. Terdapat beberapa jenis kubis, tetapi kamu bisa memilih kubis ungu. Hal ini karena jenis kubis ini mempunyai kandungan fosfor yang lebih rendah. Kamu dapat mengonsumsi kubis ini secara mentah atau pun dimasak. Namun lebih baik memasaknya terlebih dahulu guna mengurangi kandungan kalium nya.

– Timun

Tidak hanya kubis, bahan makanan yang rendah akan kalium yang bisa dikonsumsi oleh para penderita gagal ginjal ialah timun. Makanan yang mempunyai cita rasa yang segar serta identik dengan lalap ini juga bisa kamu kreasikan menjadi acar atau salad. Gunakan lemon dalam acar atau salad mu, karena lemon juga baik untuk kesehatan ginjal.

– Buncis

Buncis menjadi salah satu makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita gagal ginjal, hal ini dikarenakan buncis termasuk ke dalam sayuran yang rendah kandungan kalium nya. Kamu bisa mengolah sayuran ini dengan cara menumis nya. Memasak dengan menumis juga bisa mengurangi kandungan kalium nya.

– Labu Siam

Pada daging buah labu siam hanya mengandung 25 miligram (mg) fosfor serta 100 mg kalium. Tidak hanya itu labu siam juga mengandung vitamin A,B,C, niasin dan sedikit albuminoid. Kamu dapat memadukan nya dengan kacang panjang guna mendapatkan sajian makanan yang lezat serta tinggi gizi.

– Blueberry

Kandungan antioksidan yang terdapat pada buah blueberry mempunyai peran untuk mencegah penyakit jantung hingga kanker. Hal ini penting bagi penderita gagal ginjal, karena penyakit ini berhubungan erat dengan penyakit jantung. Dalam 148 gram blueberry segar mengandung 1,5 mg sodium, 14 mg kalium serta 18 mg fosfor.

– Kembang Kol

Sayuran yang satu ini mengandung sejumlah zat yang baik untuk ginjal. Seperti vitamin C, K, dan folat. Kandungan serat yang juga tinggi. Sementara itu pada 124 gram kembang kol yang sudah dimasak, mengandung 19 mg sodium, 176 mg kalium serta 40 mg fosfor.

– Putih Telur

Putih telur merupakan pilihan yang tepat untuk penderita gagal ginjal dibandingkan dengan kuning telur yang tinggi kandungan fosfor nya. Kandungan protein yang terdapat pada putih telur juga dibutuhkan oleh para penderita gagal ginjal yang menjalani dialisis. Hal ini dikarenakan, proses cuci darah bisa membuang protein pada dalam darah. Dua putih telur yang berukuran besar atau sekitar 66 gram, mengandung 110 mg sodium serta 108 mg kalium. Namun kandungan fosfor nya cukup rendah yaitu hanya 10 mg saja.

– Bawang Putih

Seseorang yang mempunyai riwayat penyakit gagal ginjal disarankan untuk membatasi asupan garam. Bawang putih bisa menjadi pengganti garam yang tidak kalah enak serta jauh lebih aman. Pada 9 gram bawang putih, mengandung 1,5 mg sodium, 36 mg kalium serta 14 mg fosfor.

– Kacang Panjang

Selanjutnya ialah kacang panjang. Sayuran yang satu ini termasuk ke dalam sayuran yang rendah akan kandungan kalium nya. Jenis sayur yang satu ini cukup familiar untuk dapur orang indonesia, jadi tidak perlu repot atau bingung untuk mengolahnya.

– Tahu dan Tempe

Walaupun para penderita gagal ginjal harus membatasi konsumsi protein, tetapi mereka masih harus mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat. Untuk memenuhi kebutuhan protein, para penderita gagal ginjal dapat mengonsumsi tahu dan tempe. Makanan yang satu ini cukup enak serta mudah untuk dikreasikan menjadi berbagai jenis masakan yang nikmat.

Jamur shiitake

Jamur shiitake bisa dijadikan sebagai sumber protein pengganti daging untuk para penderita gagak ginjal. Makanan ini mengandung vitamin B, tembaga, mangan serta selenium. Kandungan kalium yang terdapat pada jamur shiitake lebih rendah jika dibandingkan dengan jamur portobello atau pun jamur kancing putih. dalam 145 gram jamur shiitake yang sudah dimasak mengandung 6 mg sodium, 17 mg kalium serta 42 mg fosfor.

– Buah Anggur Merah

Buah anggur, apalagi yang berwarna merah dapat dikonsumsi secara rutin oleh para penderita gagal ginjal. Tidak hanya tinggi akan vitamin C, buang anggur jenis ini juga tinggi akan antioksidan. Salah satu antioksidan pada anggur merah ialah resveratrol, yang diketahui bermanfaat untuk kesehatan jantung. Pada 75 gram buah anggur merah terkandung 1,5 mg sodium, 144 mg kalium serta 15 mg fosfor.

– Semangka dan Melon

Tidak hanya buah apel saja, ternyata buah semangka dan buah melon juga termasuk ke dalam makanan yang dianjurkan untuk penderita gagal ginjal. Kedua jenis buah ini tidak hanya rendah akan kalium, namun juga mempunyai kandungan air yang tinggi sehingga bisa memenuhi kebutuhan air untuk para penderita gagal ginjal.


Selain itu, anda juga dapat mengonsumsi QnC Jelly Gamat untuk membantu Mengatasi Penyakit Gagal Ginjal

Dapatkan PromoKIRIM BARANG DAHULU” + “DISKON SPESIAL

~ syarat & ketentuan berlaku ~

QnC Jelly Gamat ialah produk herbal asli Indonesia yang terbuat dari teripang emas, diproses menggunakan teknologi khusus yaitu “Natural Extraching”.

Produk QnC Jelly Gamat ini terbuat dari teripang emas yang dikombinasikan dengan bahan herbal alami lainnya seperti Sweetener Steva, Pengemulsi Nabati, Essen Natural, Ekstrak Buah & Sayur dan Air RO , tanpa campuran zat kimi apapun sehingga aman untuk dikonsumsi.

Produk  QnC Jelly Gamat ini telah terdaftra secara resmi di BPOM dengan no registrasi TR-173301471 serta telah tersertifikasi HALAL dari MUI. sehingga aman untuk dikonsumsi.

Khusus pemesanan hari ini bisa KIRIM BARANG DAHULU setelah barang sampai lalu bayar, dan dapatkan GRATIS ONGKOS KIRIM setiap pembelian minimal 4 botol QnC Jelly Gamat. Untuk informasi lebih lanjut, testimoni, dan cara pemesanan silahklan klik -> Bahaya dan Cara Mengatasi Batu Empedu Secara Alami

Baca Juga :

Penyebab Gagal Ginjal Yang Harus Diwaspadai

Gejala Gagal Ginjal Yang Harus Diketahui Sejak Dini

Makanan Penyebab Gagal Ginjal Yang Harus Dihindari

Posted by : Nugraha Nature

Makanan Yang Baik Dikonsumsi Penderita Gagal Ginjal

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*