Makanan Penurun Kadar Asam Lambung

Makanan Penurun Kadar Asam Lambung

Makanan Penurun Kadar Asam Lambung

Makanan Penurun Kadar Asam LambungPenyakit asam lambung atau GERD ialah gangguan kesehatan yang sering menyerang orang dewasa. Penyakit ini terjadi di organ lambung dan dapat menimbulkan nyeri ulu hati, sensasi panas atau perih dari dada hingga kerongkongan, bahkan rasa pahit serta asam yang timbul di pangkal tenggorokan. Pada kasus yang lebih parah, penderitanya dapat mengalami sulit menelan makanan.

Makanan Penurun Asam Lambung

Untuk mencegah atau meringankan gejala asam lambung, para penderitanya perlu menerapkan gaya hidup sehat serta pola makan yang baik.

Melansir dari Health Line dan WebMD, berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat menurunkan asam lambung, diantaranya :

– Jahe

Jahe dipercaya mempunyai sifat anti-inflamasi yang dipercaya mampu menjadi pengobatan alami untuk penyakit asam lambung, sakit maag, serta masalah pencernaan lainnya.

Penderita asam lambung dapat menambahkan parutan atau irisan jahe pada makanan sehari-hari sebagai bagian dari cara menurunkan asam lambung.

– Pisang

Ada beberapa jenis buah non-sitrus yang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung karena dapat menurunkan asam lambung. Contohnya buah pisang.

Pisang mengandung salah satu serat larut, yaitu pektin yang bisa mendorong makanan melewati saluran pencernaan. Kondisi ini mampu mencegah naiknya asam lambung karena menumpuknya makanan di usus yang dapat menambah kadar asam lambung

– Melon

Selain pisang, ternyata melon juga termasuk buah yang bagus dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Karena, melon termasuk makanan sumber magnesium, yaitu mineral yang sering ditemukan di berbagai obat asam lambung.

Selain itu, kandungan pH sekitar 6,1 (kadar asam rendah) yang terkandung dalam buah melon mampu menjadikannya sebagai salah satu buah yang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Selain buah pisang dan melon, ternyata buah apel dan pir juga cocok dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

– Yogurt

Sebagian besar penderita asam lambung mungkin menghindari konsumsi yogurt dikarenakan mempunyai rasa asam yang dikhawatirkan dapat memperburuk keadaan.

Tetapi, justru yoghurt mempunyai efek yang baik bagi penderita asam lambung karena sudah melewati tahap fermentasi. Kandungan bakteri asam laktat yang ada pada yoghurt dapat menenangkan lambung, sehingga dapat memberikan efek nyaman untuk penderita asam lambung.

Tetapi, dalam mengonsumsi yoghurt juga harus sesuai kebutuhan. Mengonsumsi yoghurt secara berlebihan, terutama ketika perut kosong dapat berpotensi menyebabkan peningkatan asam lambung.

– Oatmeal

Oatmeal mengandung sumber serat yang sangat baik untuk tubuh. Sementara itu, diet tinggi serat dipercaya dapat menurunkan asam lambung. Pilihan makanan sumber serat lainnya ialah roti gandum, serta nasi gandum.

– Sayuran

Secara alami sayuran mempunyai kandungan rendah lemak, rendah gula serta membantu mengurangi asam lambung.

Berikut jenis sayuran yang dapat menurunkan asam lambung, diantaranya : Kentang, Brokoli, Mentimun, Asparagus, Kacang Hijau, Kembang Kol, dan Sayuran Berdaun Hijau.

– Putih Telur

Putih telur merupakan makanan yang bagus dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Namun di satu sisi, kuning telur tidak dianjurkan dikonsumsi karena mengandung lemak yang lumayan tinggi sehingga dapat memicu gejala refluks asam lambung.

– Lidah Buaya

Tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan, ternyata lidha buaya juga dapat mengatasi gangguan pencernaan, termasuk penyakit asam lambung.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di dalam Journal of Enviromental Science and Health, mengonsumsi jus lidah buaya terbukti mampu membantu mencegah lonjakan asam lambung.

– Daging dan seafood tanpa lemak

Mengonsumsi daging tanpa lemak, seperti ayam, kalkun, ikan serta makanan laut lainnya baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung karena dapat mengurangi gejala refluks. Seperti yang kita ketahui, penderita asam lambung tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi.

Hal ini dikarenakan makanan tinggi lemak dapat memicu otot bagian bawah esofagus menjadi rileks sehingga dapat terjadi refluks asam lambung.


Selain itu, anda juga dapat mengonsumsi KurmaQu Sari Kurma untuk membantu Mengatasi Asam Lambung.

Dapatkan Promo “KIRIM BARANG DAHULU” + “DISKON SPESIAL

~ syarat & ketentuan berlaku ~

Kurmaqu sari kurma + madu ialah produk asli Indonesia yang mempunyai kualitas terbaik, 100% murni, alami, tanpa campuran zat kimia atau bahan pengawet apapun. Sehingga sangat aman di konsumsi oleh semua usia termasuk ibu hamil dan menyusui. Kurmaqu ini berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh serta menambah stamina.

Produk KurmaQu Sari Kurma ini telah terdaftra secara resmi di BPOM dengan no registrasi MD866612001100 serta telah tersertifikasi HALAL dari MUI. sehingga aman untuk dikonsumsi.

Khusus pemesanan hari ini bisa KIRIM BARANG DAHULU setelah barang sampai lalu bayar, dan dapatkan POTONGAN HARGA setiap pembelian minimal 4 botol . Untuk informasi lebih lanjut, testimoni, dan cara pemesanan silahklan klik -> Cara Mengatasi & Bahaya Asam Lambung Naik

Baca Juga :

Hindari Makanan dan Minuman Jika Tak Ingin Asam Lambung Naik 

Kegiatan Yang Menyebabkan Asam Lambung Naik

Gejala Asam Lambung Naik Yang Harus Diketahui

Pertolongan Pertama Untuk Asam Lambung Naik

Posted by : Nugraha Nature

Makanan Penurun Kadar Asam Lambung

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*