Khasiat Bunga Saffron Kashmir

Khasiat Bunga Saffron Kashmir

Apa Sih Sebenarnya Khasiat Bunga Saffron?

Khasiat Bunga Saffron Kashmir

Khasiat Bunga Saffron Kashmir – Sebagian besar dari Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan bunga saffron kashmir bukan? Ya, herbal saffron memang sedang hits dan banyak di perbincangkan dan di cari saat ini.

Saffron sendiri merupakan rempah yang dapat digunakan sebagai penyedap, pewarna atau perisa makanan. Walau dikenal sebagai bumbu masakan, namun saffron ini juga di percaya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Tahukah Anda ternyata saffron menjadi salah satu rempah termahal di dunia? Ini karena cara penanaman serta pemanenannya yang rumit, dan memerlukan teknik khusus. Tidak hanya itu dibutuhkan setidaknya 150 bunga untuk memproduksi 1 gram benang saffron.

9 Khasiat Saffron Untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat saffron untuk tubuh, diantaranya :

1. Meningkatkan Daya Ingat serta Meminimalisir Penyakit Alzheimer

Saffron ini dapat dijadikan alternatif untuk mengobati penyakit alzheimer dalam kategori ringan hingga sedang. Herbal ini mampu meningkatkan daya ingat, yang mana sangat baik untuk para penderita alzheimer. 

Diketahui dalam sebuah penelitian terhadap penyakit Alzheimer, konsumsi saffron sekitar 15 mg sebanyak dua kali sehari mampu meningkatkan fungsi kognitif yang cukup signifikan.

2. Menangkal Radikal Bebas

Sebagaimana yang kita ketahui, radikal bebas tidak baik untuk tubuh sebab dapat mengakibatkan berbagai penyakit kronis. Seperti : Penyakit jantung hingga kanker. Nah, dalam saffron ini terkandung berbagai komponen antioksidan yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

3. Menurunkan Nafsu Makan serta Berat Badan

Dalam saffron terdapat beberapa kandungan yang mampu menghambat atau mengurangi produksi hormon leptin serta ghrelin yang memicu rasa lapar.

Sebuah riset yang dilakukan terhadap sekelompok wanita menunjukan jika wanita yang mengkonsumsi suplemen  saffron selama 8 minggu mengalami penurunan nafsu makan dan berat badan yang lebih signifikan dibandingkan kelompok yang tidak mengkonsumsi suplemen saffron.

4. Meringankan Gejala PMS dan Nyeri Haid

Gejala PMS dan nyeri haid kerap kali mengganggu para wanita. Untuk mengatasinya Anda bisa mengkonsumsi herbal saffron secara alami.

Dalam sebuah penelitian, kelompok wanita mengkonsumsi kapsul berisi 15 mg saffron sebanyak 2 kali sehari mengalami gejala fisik dan emosional premenstrual syndrome (PMS) yang lebih ringan dibandingkan kelompok wanita yang tidak mengkonsumsi kapsul berisi saffron tersebut.

5. Menurunkan Kadar Lemak Darah

Siapa sangka konsumsi saffron juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol serta trigliserida, dan meningkatkan konsentrasi kolesterol baik (HDL)

6. Membantu Meredakan Depresi

Tidak hanya bahaya bagi fisik, namun depresi juga dapat mengancam kesehatan mental. Ini karena kandungan crocin serta safranal yang ada di dalam saffron mampu menstabilkan beberapa hormon pada tubuh. Salah satunya ialah dopamin yang bisa meningkatkan mood serta mengendalikan emosi.

7. Membantu Pengobatan Kanker

Terbukti dalam sebuah penelitian jika saffron mampu menekan laju pertumbuhan sel kanker pada kanker usus. Tidak hanya itu, komponen antioksidan dalam saffron yakni crocin mampu membuat sel kanker lebih sensitif terhadap kemoterapi. Walau demikian, namun efek anti-kanker dari saffron masih perlu diteliti lebih lanjut.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan yang berperan penting dalam hal ini ialah karoten, asam folat dan vitamin C yang dapat meningkatkan produksi leukosit sehingga mampu memproteksi tubuh dari ancaman penyakit menular.

9. Membantu Pengobatan Penyakit Diabetes

Herbal saffron ini baik untuk penderita diabetes sebab mampu membantu meningkatkan sensitivitas hormon insulin. Namun hal tersebut tentu harus di uji lebih lanjut.

Posted by : Nugraha Nature

Khasiat Bunga Saffron Kashmir

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*