Gejala Penyakit Batu Ginjal Yang Sering Disepelekan

Gejala Penyakit Batu Ginjal Yang Sering Disepelekan

Gejala Penyakit Batu Ginjal Yang Sering Disepelekan

Gejala Penyakit Batu Ginjal Yang Sering Disepelekan Tingginya kandungan mineral serta garam pada urine bisa menyebabkan penyakit batu ginjal. Batu ginjal yang terbentuk ukurannya mulai dari yang kecil, menyerupai butiran garam. Tetapi, terkadang ada juga yang tumbuh sebesar biji jagung.

Melansir dari Mayo Clinic, Batu ginjal bisa disebabkan oleh beragam faktor, seperti kebiasaan pola makan tinggi protein, gula serta garam. Tidak hanya itu, penyakit ini juga dapat diakibatkan oleh faktor keturunan, obesitas, kekurangan cairan, hingga mengonsumsi vitamin serta suplemen dengan dosis yang tinggi secara berlebihan.

Menurut laman resmi Urology Care Foundation, batu ginjal yang bertahan pada ginjal umum nya tidak menimbulkan gejala penyakit. Ada saatnya, batu ginjal mengalir ke saluran antara ginjal serta kandung kencing atau ureter. Batu ginjal yang bisa mencapai kandung kencing pada umumnya bisa keluar dari tubuh melalui urine. Tetapi, jika batu ginjal bersarang atau tersangkut pada ureter, endapan keras berwarna cokelat atau kekuningan ini dapat menghalangi aliran urine serta menyebabkan gejala penyakit.

Gejala atau Tanda Tanda Penyakit Batu Ginjal

Biasanya gejala penyakit ini tidak akan menimbulkan gejala hingga batu tersebut bergerak di dalam ginjal atau masuk ke ureter, saluran yang menghubungkan ginjal serta kandung kemih, Kalau tersangkut pada ureter, kondisi ini bisa menghalangi aliran urine serta menyebabkan ginjal membengkak serta ureter kejang yang dapat sangat menyakitkan.

Dilansir dari Healthline, berikut ini beberapa gejala penyakit batu ginjal yang sering dirasakan oleh penderitanya, diantaranya :

– Mual dan Muntah

Gejala penyakit batu ginjal yang mirip dengan gejala penyakit lainnya ialah mual dan muntah. Gejala penyakit batu ginjal yang atau ini muncul sebagai bagian dari respons saraf antara ginjal serta saluran kencing. Penyakit batu ginjal ini bisa menyebabkan mual serta muntah hal ini dikarenakan tubuh mengalami sensasi rasa nyeri yang hebat.

– Demam serta Meriang

Demam dan juga meriang bisa menjadi pertanda jika tubuh mengalami infeksi pada ginjal atau pada bagian tubuh lainnya. Ketika suhu tubuh sedang tinggi, maka seseorang dapat menggigil atau meriang. Para penderita batu ginjal yang mengalami demam serta meriang, pada umumnya sudah pernah mengalami komplikasi serius yang disebabkan oleh batu ginjal. Penyakit ini bisa memengaruhi pada setiap bagian saluran kencing, sehingga tidak jarang menyebabkan penderitanya merasa kesakitan. Kerusakan yang diakibatkan oleh penyakit ini dapat diminimalkan, asalkan para penderitanya segera merespons gejala batu ginjal serta berusaha untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

– Ada Darah Pada Urine

Adanya darah pada urine merupakan ciri-ciri penyakit batu ginjal yang paling umum. Kondisi seperti ini dikenal dengan sebutan hematuria. Darah dalam urine penderita batu ginjal dapat berwarna merah, merah mudah, atau coklat. Tak jarang, darah dalam urine ini tidak bisa dilihat dengan mata telanjang hal ini dikarenakan ukurannya yang sangat kecil. Keberadaan darah dalam urine hanya dapat dilihat dengan menggunakan alat bantu mikroskop.

– Sering Buang Air Kecil

Gejala selanjutnya yang sering tidak disadari oleh penderitanya ialah sering buang air kecil. Keinginan buang air kecil yang terlalu sering padahal kamu tidak sedang minum banyak dapat menjadi pertanda penyakit batu ginjal mulai bergerak ke bawah saluran kencing. Pada tahap ini, penderita batu ginjal dapat sering buang air kecil sepanjang siang serta malam hari.

– Air Seni Keruh atau Berbau

Air seni atau urine yang keruh serta mengeluarkan bau tak sedap dapat menjadi tanda infeksi pada ginjal atau saluran kencing. Urine orang sehat pada umumnya berwarna jernih serta tidak berbau. Ai seni dapat menjadi lebih keruh dikarenakan timbulnya nanah pada urine atau piuria. Sementara itu bau tak sedang berasal dari bakteri yang dikarenakan saluran kencing terinfeksi serta konsentrasi urine yang mengandung banyak mineral.

– Anyang Ayangan atau Kencing Sedikit

Gejala penyakit batu ginjal yang sering tidak disadari ialah anyang anyangan atau air seni yang keluar sedikit namun sering. Tidak jarang batu ginjal tersangkut pada ureter serta menimbulkan penyumbatan. Kondisi seperti ini bisanya akan menghambat aliran kencing. Jika ada penyumbatan pada saluran kencing, maka dapat menyebabkan buang air kecil menjadi tidak lancar serta urine hanya bisa keluar sedikit demi sedikit. Ketika kencing tidak dapat keluar sama sekali, hal ini menandakan jika penyakit ini sudah parah serta membutuhkan pertolongan medis darurat.

– Buang Air Kecil Terasa Sakit atau Panas

Kemudian setelah batu ginjal mencapai persimpangan antara ureter serta kandung kemih, penderita penyakit batu ginjal akan merasakan nyeri. Dalam dunia medis kondisi seperti ini dikenal dengan sebutan disurai. Sensasi rasa sakit dapat terasa tajam atau panas seperti terbakar. Hal ini dikarenakan gejala batu ginjal ini hampir mirip dengan penyakit lainnya, beberapa penderita batu ginjal mengira jika ia menderita penyakitnya infeksi saluran kencing.

– Sakit Pada Pinggang, Punggung atau Perut

Gejala yang utama dari penyakit ini ialah sakit pinggang atau punggung, tepatnya dibawah tulang rusuk. Rasa sakit yang muncul bisa menjalar hingga ke perut serta selangkangan, seiring perpindahan batu ginjal. Rasa sakit yang diakibatkan oleh batu ginjal atau kolik ginjal merupakan jenis nyeri dengan derajat rasa sakit yang paling parah.

Beberapa penderitanya menyatakan rasa sakitnya setara dengan melahirkan atau ditusuk dengan pisau. Rasa sakit yang diakibatkan oleh penyakit ini akan mulai terasa parah ketika batu ginjal bergerak ke bagian ureter. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan serta menimbulkan tekanan pada ginjal. Tekanan ini yang kemudian mengaktifkan saraf guna mengirim sinyal rasa sakit ke otak. Nyeri batu ginjal sering datang secara tiba-tiba ketika batu bergerak. Rasa sakit yang semakin parah ketika ureter berkontraksi untuk mendorong batu keluar.


Selain itu, anda juga dapat mengonsumsi QnC Jelly Gamat untuk membantu Mengatasi Penyakit Asma.

Dapatkan PromoKIRIM BARANG DAHULU” + “DISKON SPESIAL

~ syarat & ketentuan berlaku ~

QnC Jelly Gamat ialah produk herbal asli Indonesia yang terbuat dari teripang emas, diproses menggunakan teknologi khusus yaitu “Natural Extraching”.

Produk QnC Jelly Gamat ini terbuat dari teripang emas yang dikombinasikan dengan bahan herbal alami lainnya seperti Sweetener Steva, Pengemulsi Nabati, Essen Natural, Ekstrak Buah & Sayur dan Air RO , tanpa campuran zat kimi apapun sehingga aman untuk dikonsumsi.

Produk  QnC Jelly Gamat ini telah terdaftra secara resmi di BPOM dengan no registrasi TR-173301471 serta telah tersertifikasi HALAL dari MUI. sehingga aman untuk dikonsumsi.

Khusus pemesanan hari ini bisa KIRIM BARANG DAHULU setelah barang sampai lalu bayar, dan dapatkan GRATIS ONGKOS KIRIM setiap pembelian minimal 4 botol QnC Jelly Gamat. Untuk informasi lebih lanjut, testimoni, dan cara pemesanan silahklan klik -> Komplikasi Dan Cara Mengatasi Batu Ginjal Secara Alami

Baca Juga :

Penyebab Penyakit Batu Ginjal Yang Harus Diwaspadai

Posted by : Nugraha Nature

Gejala Penyakit Batu Ginjal Yang Sering Disepelekan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*