Gejala Gagal Ginjal Yang Harus Diketahui Sejak Dini

Gejala Gagal Ginjal Yang Harus Diketahui Sejak Dini

Gejala Gagal Ginjal Yang Harus Diketahui Sejak Dini

Gejala Gagal Ginjal Yang Harus Diketahui Sejak Dini Gagal ginjal ialah suatu kondisi pada saat ginjal tidak bisa berfungsi dengan baik untuk membuang cairan serta limbah dari darah. Kalau penyakit ginjal ini dibiarkan, pastinya bisa menimbulkan komplikasi yang bisa membahayakan jiwa. Oleh karena itu, kamu harus mengenali apa saja gejala penyakit gagal ginjal supaya bisa segera mendapatkan penanganan.

Ginjal berfungsi untuk menyaring dan memisahkan limbah yang beracun, mengatur keseimbangan cairan pada tubuh. Tidak hanya itu, ginjal bertugas untuk memproduksi hormon serta enzim yang bisa mengendalikan tekanan darah, membuat sel darah merah serta menjaga tulang untuk tetap kuat. Oleh karena itu, pada saat seseorang menderita penyakit gagal ginjal, maka artinya ginjalnya kehilangan kemampuan guna menyaring kotoran, mengontrol kadar air pada tubuh serta mengendalikan tekanan darah. Pada saat kondisi ini terjadi, racun serta cairan yang berbahaya terkumpul pada tubuh serta bisa memicu masalah kesehatan.

Gejala Gagal Ginjal

Pada umumnya, gejala penyakit gagal ginjal sulit untuk terdeteksi. Hal ini dikarenakan, jenis penyakit ginjal yang satu ini dimulai dari tanda-tanda yang lumayan ringan serta samar. Seiring berjalannya waktu kerusakan ginjal bisa menjadi semakin parah, apalagi pada saat tidak segera mendapat penanganan yang tepat. Kebanyakan penderita yang menderita gagal ginjal biasanya sudah mengalami masalah ginjal dalam waktu yang lama, sebelum ciri-ciri gagal ginjal timbul. Kalau ginjal sudah tidak mampu beradaptasi dengan kerusakan, mungkin anda akan mengalami beberapa gejala gagal ginjal berikut ini, diantaranya :

– Kelelahan

Salah satu gejala gagal ginjal yang mungkin sering diabaikan ialah rasa lelah. Kondisi ini diakibatkan oleh kerusakan ginjal yang menyebabkan penumpukan cairan serta limbah pada darah. Akibatnya, banyak penderita gagal ginjal yang merasa lelah, lemah serta kesulitan untuk berkonsentrasi. Rasa lelah ini juga dapat dikarenakan oleh salah satu komplikasi gagal ginjal, yaitu anemia. Anemia sendiri ialah kondisi yang sering terjadi pada pasien gagal ginjal kronis (CKD) serta pada mereka yang sedang menjalani dialisis atau cuci darah.

Hal ini dikarenakan, kerusakan ginjal yang ternyata dapat memperlambat produksi hormon erythropoietin (EPO) yang membantu sumsum tulang untuk membuat sel darah merah. Kalau ginjal kekurangan EPO, maka tubuh akan kekurangan sel darah merah yang kemudian bisa menyebabkan anemia. Jika kamu akhir akhir ini merasa mudah lelah serta tubuh lemah sebaiknya untuk memeriksakan diri ke dokter.

– Sulit Tidur

Biasanya para penderita gagal ginjal akan merasa lelah pada siang hari, namun justru akan sulit tidur pada malam hari. Bahkan, tidak sedikit yang merasakan sindrom sleep apnea yang mungkin berkaitan dengan efek gagal ginjal lanjut pada pernapasan. Sleep apnea sendiri ialah kondisi pada saat seseorang sesekali berhenti bernapas ketika tidur. Seiring berjalannya waktu, gangguan tidur ini bisa menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan tidur pada malam hari serta merasa lelah pada siang hari.

– Pembengkakan

Kerusakan yang terjadi pada ginjal yang menyebabkan fungsinya menurun ternyata dapat menyebabkan retensi natrium. Retensi natrium sendiri bisa menimbulkan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh, terutama pada lengan serta kaki. Oleh karena itu, salah satu ciri serta gejala yang sering di temui ialah lengan serta kaki yang bengkak. Pembengkakan ini dapat terjadi karena adanya cairan yang berlebihan pada tubuh.

– Masalah Sendi

Tak hanya dapat menyebabkan masalah pada tulang, penyakit gagal ginjal juga dapat menimbulkan nyeri, kaku serta cairan pada sendi. Gejala gagal ginjal yang satu ini ialah hasil dari amiloidisis, yaitu kondisi protein abnormal pada darah (amiloid) diendapkan pada jaringan serta organ. Hal ini juga berlaku pada sendi serta tendon, yaitu jaringan keras yang menghubungkan otot dengan tulang.

Pada umumnya, ginjal yang sehat bisa menyaring protein amiloid yang keluar dari darah, tetapi cara kerja ginjal yang ini tidak bisa dilakukan oleh alat dialisis. Dialisis yang berkaitan dengan amiloidosis biasanya dilakukan pada penderita gagal ginjal yang sudah menjalani perawatan selama 5 tahun.

– Kencing Berbusa

Sebenarnya, sesekali mendapati buih pada urine merupakan hal yang normal. Namun jika hal ini terus menerus terjadi pastinya dapat menjadi pertanda tubuh sedang bermasalah. Hal ini dikarenakan, busa pada air kencing bisa menjadi pertanda adanya protein pada urine yang timbul pada saat bereaksi di udara. Kondisi ini tidak boleh dianggap sepele karena ada kemungkinan ginjal tidak menyaring protein pada darah dengan baik sebelum dikeluarkan melalui urine.

– Kencing Berdarah

Salah satu prosedur dari fungsi penyaringan pada ginjal ialah memisahkan limbah dari darah yang kemudian di proses menjadi urine. Pada saat ginjal mengalami penurunan fungsi, maka prosedur ini dapat terganggu, sehingga seringkali membuat darah bercampur ke dalam urine. Tidak hanya menandakan adanya kegagalan fungsi ginjal, kondisi ini juga dapat menjadi indikasi penyakit lain seperti batu ginjal atau infeksi.

– Kerusakan Tulang

Kerusakan pada tulang memang tidak terlihat, namun dapat menjadi salah satu ciri serta gejala pada saat seseorang mengalami penyakit gagal ginjal. Hal ini dikarenakan gagal ginjal dapat membuat kekuatan tulang melemah melemah dikarenakan kehilangan keseimbangan kalsium serta fosfor pada darah. Akibatnya, kelenjar tiroid akan memproduksi terlalu banyak hormon paratiroid yang membuat tulang tidak mendapatkan kalsium yang cukup. Fakta nya, kondisi ini bisa memengaruhi 90% penderita dialisis, baik pada anak-anak serta orang dewasa, yang menyebabkan tulang menjadi lebih lemah, tipis sampai cacat.

– Tidak Nafsu Makan

Gagal ginjal tidak hanya menimbulkan gejala yang terlihat pada anggota tubuh saja, tetapi juga bisa memengaruhi nafsu makan para penderitanya. Kondisi ini ternyata dapat timbul dikarenakan penderitanya mempunyai uremia. Uremia merupakan situasi pada saat kadar urea meningkat drastis dikarenakan fungsi ginjal guna menyaring urea berkurang.

Akibatnya, terjadilah penumpukan urea pada darah serta menyebabkan gangguan neurotransmiter (senyawa kimia alami) di dalam otak. Beberapa orang mengaku jika makanan yang dikonsumsi terasa berbeda. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang kehilangan nafsu makan serta merasa sakit perut pada saat memikirkan makanan.

– Kulit Kering dan Gatal

Kulit kering dan gatal ternyata sering terjadi pada seseorang yang menjalani dialisis, apalagi pada bagian punggung, dada serta kepala. Rasa gatal akan semakin parah selama hingga setelah dialisis hal ini dikarenakan produk limbah yang tidak terbuang dari darah. Tidak hanya itu, kondisi ini juga bisa terjadi dikarenakan fungsi ginjal yang tidak bisa menyeimbangkan kadar kalsium mineral serta fosfor pada darah.

Akibatnya, tingkat kalsium pada darah yang rendah bisa memicu kelenjar seukuran kacang pada leher (paratiroid) melepaskan hormon paratiroid. Hormon ini yang kemudian menarik kalsium dari tulang belakang ke dalam darah. Jika kadar hormon paratiroid terlalu tinggi, maka bisa menyebabkan gatal. Kerusakan ginjal yang menyebabkan penumpukan fosfor pada darah juga dapat menimbulkan kondisi gatal serta kulit kering yang menjadi tanda gagal ginjal.


Selain itu, anda juga dapat mengonsumsi QnC Jelly Gamat untuk membantu Mengatasi Penyakit Gagal Ginjal

Dapatkan PromoKIRIM BARANG DAHULU” + “DISKON SPESIAL

~ syarat & ketentuan berlaku ~

QnC Jelly Gamat ialah produk herbal asli Indonesia yang terbuat dari teripang emas, diproses menggunakan teknologi khusus yaitu “Natural Extraching”.

Produk QnC Jelly Gamat ini terbuat dari teripang emas yang dikombinasikan dengan bahan herbal alami lainnya seperti Sweetener Steva, Pengemulsi Nabati, Essen Natural, Ekstrak Buah & Sayur dan Air RO , tanpa campuran zat kimi apapun sehingga aman untuk dikonsumsi.

Produk  QnC Jelly Gamat ini telah terdaftra secara resmi di BPOM dengan no registrasi TR-173301471 serta telah tersertifikasi HALAL dari MUI. sehingga aman untuk dikonsumsi.

Khusus pemesanan hari ini bisa KIRIM BARANG DAHULU setelah barang sampai lalu bayar, dan dapatkan GRATIS ONGKOS KIRIM setiap pembelian minimal 4 botol QnC Jelly Gamat. Untuk informasi lebih lanjut, testimoni, dan cara pemesanan silahklan klik -> Bahaya dan Cara Mengatasi Batu Empedu Secara Alami

Baca Juga :

Penyebab Gagal Ginjal Yang Harus Diwaspadai

Posted by : Nugraha Nature

Gejala Gagal Ginjal Yang Harus Diketahui Sejak Dini

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*