Cara Sederhana Yang Dipercaya Bisa Mencegah Timbulnya Batu Ginjal

Cara Sederhana Yang Bisa Mencegah Timbulnya Batu Ginjal

Cara Sederhana Yang Dipercaya Bisa Mencegah Timbulnya Batu Ginjal

Cara Sederhana Yang Dipercaya Bisa Mencegah Timbulnya Batu Ginjal Batu ginjal merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak ditemui. Batu ginjal terbentuk pada saat ginjal tidak berfungsi dengan baik sehingga menimbulkan penggumpalan limbah yang kemudian berkembang menjadi batu ginjal.

Batu ginjal merupakan salah satu masalah kesehatan umum, yang terbentuk dari kalsium oksalat, asam urat serta kristal struvite. Apalagi, kalau seseorang sudah pernah mengalami masalah batu ginjal, penelitian menunjukkan jika ia mempunyai kemungkinan 50% lebih besar untuk membentuk batu lain pada waktu 5 sampai 10 tahun.

Cara Sederhana Mencegah Batu Ginjal

Untuk sebagian orang, batu ginjal merupakan penyakit ginjal yang mungkin tidak hanya terjadi satu kali. Dilansir dari Harvard Health Publishing, setengah dari pasien penderita batu ginjal kembali mempunyai masalah kesehatan yang sama. Tidak sedikit orang yang mengalami batu ginjal dalam kurun waktu tujuh tahun tanpa upaya pencegahan.

Menjaga pola hidup sehat menjadi salah satu cara sederhana guna mencegah munculnya batu ginjal. Yaitu dengan cara menjauhi makanan tertentu serta mengonsumsi banyak makanan yang bergizi serta harus diperhatikan. Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah pembentukan batu ginjal, diantaranya :

– Menjaga Berat Badan

Berat badan yang berlebih atau obesitas menjadi salah satu faktor yang bisa meningkatkan risiko terhadap penyakit batu ginjal. Berat badan yang berlebihan bisa menyebabkan resistensi insulin serta peningkatan jumlah kalsium pada tubuh. Hal inilah yang membuat tubuh bisa membentuk batu kalsium yang menyebabkan batu ginjal.

Tidak hanya itu, orang yang mempunyai berat badan berlebih juga cenderung mempunyai pH urine yang asam. Oleh karena itu, menjaga berat badan penting untuk mencegah pembentukan batu. Kamu bisa memulainya dengan cara rutin berolahraga serta menjaga pola makan tetap sehat. Jangan lupa untuk berkonsultasi ke dokter jika kamu mempunyai faktor risiko guna mengetahui cara yang harus dilakukan guna mencegah batu ginjal.

– Konsumsi Air Kelapa

Jika kamu bosan dengan air putih kamu bisa menggantinya dengan air kelapa muda sebagai upaya pencegahan batu ginjal. Menurut penelitian dari Panjab University, mengonsumsi air kelapa guna mengurangi risiko pembentukan batu ginjal tergolong aman. Hal ini dibuktikan dengan memberikan air kelapa kepada tikus percobaan. Hasilnya, tikus yang diberi minum air kelapa mengalami penurunan jumlah kristal pada urine. Bahkan, air kelapa juga membantu menghambat pembentukan mineral dalam jaringan ginjal serta mencegah kristal menempel pada saluran kemih. Meskipun aman untuk mencegah pembentukan batu ginjal, mengonsumsi air kelapa bisa jadi tidak dianjurkan untuk pengobatan batu ginjal. Hal ini dikarenakan, kandungan kalium serta sodium yang tinggi pada air kelapa dapat merusak ginjal jika dikonsumsi secara berlebihan.

– Mengonsumsi Air Putih

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan cara mengonsumsi air putih merupakan hal terpenting yang bisa dilakukan guna mencegah penyakit batu ginjal. Mengonsumsi air putih setidaknya sebanyak 8 gelas sehari bisa menurunkan risiko pembentukan batu ginjal.Hal ini dikarenakan asupan air yang selalu tercukupi memudahkan kinerja ginjal guna mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Semakin sedikit air yang dikonsumsi, maka semakin lambat juga proses pembuangan limbah mineral serta senyawa kimia lainnya. Hal tersebut dapat mengakibatkan, penumpukan mineral yang dapat membentuk batuan pun bisa terjadi. Oleh karena itu, memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh setiap harinya sangat penting untuk upaya pencegahan pembentukan batu ginjal.

– Mengurangi Asupan Garam

Memenuhi kebutuhan cairan memang penting, namun hal tersebut ternyata tidak cukup ketika tidak diiringi dengan pola makan yang sehat. Salah satu anjuran makan guna mencegah batu ginjal ialah diet rendah garam, atau mengurangi makanan yang asin.

Terlalu banyak mengonsumsi garam (natrium) dapat memicu pembentukan batu ginjal. Hal ini dikarenakan kelebihan natrium pada tubuh bisa meningkatkan jumlah kalsium pada urine. Umumnya orang dewasa harus membatasi asupan natrium harian mereka hingga kurang dari 2.300 mg per hari. Ukuran tersebut setara dengan satu sendok teh garam dapur yang mengandung 2.325 mg natrium.

Tidak hanya jenis garam dapur, sumber natrium yang mungkin tidak disadari lumayan banyak, diantaranya saus sambal, kecap, saus tiram bahkan makanan kalengan.

– Meningkatkan Asupan Magnesium

Magnesium merupakan mineral penting yang tidak dikonsumsi oleh banyak orang dalam jumlah yang cukup. Magnesium terlibat pada ratusan reaksi metabolisme pada tubuh termasuk produksi energi serta gerakan otot. Ada beberapa bukti jika magnesium bisa membantu mencegah pembentukan batu ginjal kalsium oksalat.

Magnesium dipercaya bisa mengurangi penyerapan oksalat pada usus. Referensi asupan harian (RDI) bagi magnesium merupakan 420 mg per hari. Makanan yang bisa meningkatkan asupan magnesium merupakan alpukat, kacang-kacangan, serta tahu merupakan sumber makanan yang baik. Makanan ini baik untuk dikonsumsi bersama dengan makanan yang mengandung oksalat.

– Kurangi Makanan Tinggi Oksalat

Mengonsumsi makanan dengan kadar oksalat yang tinggi dapat meningkatkan jumlah oksalat pada urine. Jika hal tersebut terjadi, oksalat dapat berikatan dengan kalsium serta membentuk kristal yang dapat menyebabkan batu ginjal. Hal ini yang menjadi alasan kamu harus mengurangi makanan dengan kadar oksalat yang tinggi guna mencegah pembentukan batu ginjal. Contoh beberapa makanan dengan kadar oksalat yang tinggi yang memungkinkan bisa kamu konsumsi, diantaranya kiwi, almond, cokelat, kacang tanah, bayam dan buah bit, produk olahan kedelai, serta makanan yang mengandung vitamin C tinggi.

– Membatasi Asupan Protein Hewani

Daging serta jenis sumber protein lainnya, seperti telur dan susu, mengandung purin yang dapat diubah menjadi asam urat pada urine. Oleh karena itu, terlalu banyak mengonsumsi protein hewani bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal di kemudian hari.

Diet rendah protein menjadi pilihan baik guna mencegah batu ginjal. Yang harus anda lakukan supaya lebih mudah menjalani pola makan sehat, diantaranya :

  1. Mengonsumsi protein hewani tidak lebih dari 170 gram perhari,
  2. Sesekali ganti protein hewani dengan protein nabani, seperti tahu,
  3. Bertanya pada ahli gizi terkait produk rendah protein, seperti kue atau roti,
  4. Fokus mengonsumsi sayuran dan biji-bijian serta tambahkan satu porsi kecil daging,
  5. Pastikan untuk menimbang makanan yang akan dikonsumsi guna mendapatkan porsi yang tepat.

– Memenuhi Kebutuhan Kalsium Secukupnya

Faktanya, kadar kalsium yang terlalu sedikit bisa menjadi salah satu penyebab meningkatnya kadar oksalat serta dapat menyebabkan batu ginjal. Guna mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal, kamu harus mengonsumsi kalsium sesuai dengan kebutuhan. Kadar kalsium yang dibutuhkan setiap orang ternyata berbeda beda, tergantung pada usia. Idealnya, kamu bisa mendapatkan kalsium dari makanan karena penggunaan suplemen kalsium justru bisa meningkatkan risiko batu ginjal.

Contohnya, pria yang berusia diatas 50 tahun harus mendapatkan kalsium kira kira 1.000 mg per hari nya serta 800 sampai 1.000 IU vitamin D. Hal ini bertujuan supaya tubuh lebih cepat menyerap kalsium.


Selain itu, anda juga dapat mengonsumsi QnC Jelly Gamat untuk membantu Mengatasi Penyakit Asma.

Dapatkan PromoKIRIM BARANG DAHULU” + “DISKON SPESIAL

~ syarat & ketentuan berlaku ~

QnC Jelly Gamat ialah produk herbal asli Indonesia yang terbuat dari teripang emas, diproses menggunakan teknologi khusus yaitu “Natural Extraching”.

Produk QnC Jelly Gamat ini terbuat dari teripang emas yang dikombinasikan dengan bahan herbal alami lainnya seperti Sweetener Steva, Pengemulsi Nabati, Essen Natural, Ekstrak Buah & Sayur dan Air RO , tanpa campuran zat kimi apapun sehingga aman untuk dikonsumsi.

Produk  QnC Jelly Gamat ini telah terdaftra secara resmi di BPOM dengan no registrasi TR-173301471 serta telah tersertifikasi HALAL dari MUI. sehingga aman untuk dikonsumsi.

Khusus pemesanan hari ini bisa KIRIM BARANG DAHULU setelah barang sampai lalu bayar, dan dapatkan GRATIS ONGKOS KIRIM setiap pembelian minimal 4 botol QnC Jelly Gamat. Untuk informasi lebih lanjut, testimoni, dan cara pemesanan silahklan klik -> Komplikasi Dan Cara Mengatasi Batu Ginjal Secara Alami

Baca Juga :

Penyebab Penyakit Batu Ginjal Yang Harus Diwaspadai

Gejala Penyakit Batu Ginjal Yang Sering Disepelekan

Makanan Penyebab Batu Ginjal Yang Harus Diwaspadai Penderita

Makanan Yang Bisa Membantu Meluruhkan Batu Ginjal

Minuman Yang Dianjurkan Untuk Penderita Batu Ginjal

11 Bahan Alami Untuk Meluruhkan Batu Ginjal

Posted by : Nugraha Nature

Cara Sederhana Yang Dipercaya Bisa Mencegah Timbulnya Batu Ginjal

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*